Latihan Dasar Kepemimpinan Pengurus: How to Build a Strong Bonding

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbil ‘alamin, puji syukur tak hentinya kami ucapkan karena Latihan Dasar Kepemimpinan Pengurus (LDK-P) yang bertemakan How to Build a Strong Bonding yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom pada hari Jumat, 14 Agustus 2020 pada pukul 13.20 hingga 17.00 telah terlaksana dengan baik serta diikuti dengan antusiasme yang besar dari peserta yang merupakan aktivis MT Al Khawarizmi baik Binusian 2022 maupun Binusian 2023.

Persiapan

Suasana ruangan sebelum dimulainya acara

Sebelum dimulainya acara, beberapa peserta terlihat sudah mulai aktif memasuki ruangan Zoom. Sambil menunggu dimulainya acara, peserta disuguhkan latar belakang yang telah disiapkan serta lantunan lagu yang bernafaskan Islam. Terlihat juga panitia aktif mengingatkan aturan bagi peserta untuk mengganti nama mereka sesuai format yang telah ditentukan.

Pembukaan, Doa, dan Lantunan Al-Quran

Lantunan ayat suci al-Quran yang dibawakan oleh Dimas

Acara diawali dengan pembukaan oleh MC (Berlian, Pengurus – Binusian 2022), pembacaan doa (Ocali, Pengurus – Binusian 2022), serta lantunan al-Quran (Dimas, Pengurus – Binusian 2022). Pembukaan dilakukan secara tertib dan dengan penuh penghayatan dari audiens.

Sambutan Ketua Umum dan Pelaksana

Kata sambutan oleh Iqbal selaku ketua umum MT Al Khawarizmi

Dilanjutkan dengan sambutan yang dibawakan oleh ketua umum (Iqbal, Pengurus – Binusian 2022) serta ketua pelaksana acara (Azriel, Pengurus – Binusian 2022) yang berlangsung secara singkat namun penuh makna. Di dalam sambutan tersebut, diselipkan beberapa kata penyemangat untuk peserta supaya lebih giat dan aktif dalam mengikuti acara yang sudah diperkirakan akan memiliki durasi yang cukup lama.

Sesi Materi oleh Dewan Pengurus Inti serta Ketua Badan Pengurus Harian

Sesi materi mengenai tugas bendahara umum yang dibawakan oleh Zahra

Sesi materi yang dibawakan oleh dewan pengurus inti serta ketua badan pengurus harian membahas secara komprehensif mengenai tugas-tugas yang dilakukan, tanggung jawab, visi dan misi, serta program kerja yang rutin dilaksanakan. Mengingat saat ini sedang pandemi, terdapat pula perbedaan-perbedaan tugas serta program kerja rutin yang tentunya juga dijelaskan pada sesi ini. Tujuan dari hal tersebut ialah untuk memberi pengetahuan lebih mendalam kepada aktivis supaya lebih familiar dengan jabatan-jabatan di dalam MT Al Khawarizmi serta supaya lebih siap nantinya saat diberikan amanah untuk mengemban jabatan tersebut. Di akhir sesi materi juga disediakan waktu untuk tanya jawab supaya peserta dapat lebih memahami lagi mengenai materi baik yang telah maupun yang belum disampaikan.

Jeda Salat Ashar

Memasuki waktu salat Ashar, peserta diberikan waktu selama 10 hingga 15 menit untuk melaksanakan salat serta melakukan kegiatan lain yang diperlukan supaya nantinya dapat mengikuti acara kembali dengan kondisi yang lebih segar dan bisa lebih fokus untuk memerhatikan materi yang akan disampaikan.

Sesi Ice Breaking

Sesi ice breaking menggunakan aplikasi Kahoot!

Setelah kembali dari jeda salat Ashar, peserta diberikan tantangan untuk memainkan games menggunakan aplikasi Kahoot! yang berisikan pertanyaan seputar materi yang telah disampaikan oleh dewan pengurus inti juga ketua badan pengurus harian. Hal ini bertujuan untuk mencairkan suasana serta menguji apakah peserta benar-benar memerhatikan materi yang sudah disampaikan. Terlihat ada beberapa peserta yang salah dalam menjawab pertanyaan yang diajukan, namun banyak juga yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar.

Sesi Materi oleh Mantan Ketua Umum Periode 2019-2020

Pemberian sertifikat kepada Amar Ma’ruf selaku pemateri

Sesi materi yang kedua dibawakan oleh mantan ketua umum MT Al Khawarizmi periode 2019-2020 yaitu Amar Ma’ruf (Binusian 2021). Pada sesi ini, ia menyampaikan kesan dan pesan selama menjabat menjadi ketua umum serta pengalaman mengurus MT Al Khawarizmi selama satu tahun kepengurusan. Ia juga memberikan semangat kepada aktivis supaya lebih aktif nantinya saat sudah resmi menjabat sebagai pengurus. Setelah pembawaan materi selesai, diberikan sebuah sertifikat sebagai penghargaan kepada Amar Ma’ruf karena telah menjadi pemateri dalam acara ini.

Sesi Penutup, Doa, serta Dokumentasi

Sesi dokumentasi acara latihan dasar kepemimpinan pengurus

Setelah seluruh rangkaian acara telah usai, MC menutup acara dengan sepatah dua patah kata serta dilanjutkan dengan doa penutup lalu sesi dokumentasi. Pada saat sesi dokumentasi, seluruh audiens baik panitia, pengurus, maupun aktivis diperintahkan untuk menyalakan kamera supaya acara terdokumentasikan dengan baik. Terlihat pula audiens antusias mengikuti sesi dokumentasi ini.

Selesai sudah seluruh rangkaian acara latihan dasar kepemimpinan pengurus, ucapan terima kasih kami sampaikan kepada pihak yang sudah merealisasikan serta membantu acara untuk bisa berjalan dengan baik. Dari mulai panitia pelaksana yang mengurus keseluruhan acara, hingga pihak SCAC Binus University yang telah menyediakan platform aplikasi Zoom sehingga kami dapat lebih leluasa dalam melaksanakan acara. Pada akhirnya, kami berharap semoga tujuan awal dari acara ini dapat terwujud yaitu menjadikan aktivis MT Al Khawarizmi memiliki hubungan ikatan yang kuat serta siap mengurus di masa depan nanti.

Akhir kata, mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata atau penulisan. Terima kasih, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.