TRADISI MERPATI PUTIH SEPTEMBER 2019

Pada Tanggal 27-29 September lalu Merpati Putih Binus melaksanakan proker Tradisi Merpati Putih yang diadakan oleh Merpati Putih Pusat di Jl. Pantai Parangkusumo, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acara ini diikuti oleh Merpati Putih dari seluruh cabang Merpati Putih di seluruh dunia, sekitar lebih dari 1020 peserta. Untuk MP Binus sendiri berangkat ke pantai parangkusumo bersama dengan MP cabang Jakarta Barat menggunakan Bus.

Perwakilan dari MP Binus yang mengikuti Tradisi MP 2019 bersama Cabang Jakarta Barat, yaitu Muhamad Ardian Rusmansyah(Binusian’19), Muhamad Aiman Hisyam(Binusian’21) & dua orang alumni Dimas Setyanto (BInusian’18) & Mas Indrawan serta ditemani oleh pelatih dari MP Binus Alam Sutera, Mas Denny.

Perjalanan dimulai dari meeting point di PAM JAYA Pemda DKI pada pukul 14:30 dan sampai di daerah Pantai Parangkusumo, Yogyakarta pukul 01:30 dini hari, Sabtu, 28 September 2019.
Kegiatan Tradisi diawali dengan berkumpul di lapangan dekat Pantai lalu bersama-sama pergi menggunakan truk ke kali Opak untuk nyekar, yaitu kegiatan menabur kembang di kali tersebut untuk mengenang peristiwa hilangnya beberapa anggota Merpai Putih yang telah mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat Nasional (UKTNAS) yang salah satu ujian nya adalah menyusuri kali Opak tersebut sampai kesebrang daratan. Karena peristiwa tersebut, ujian menyusuri kali Opak dihilangkan dan dikenang dalam tradisi Merpati Putih.

Kegiatan dari kali Opak dilanjutkan dengan mendaki Gunung Botak untuk mengenang tempat berlatih salah satu pendiri Merpati Putih Mas Poeng yang mana beliau berlatih sendirian di gunung ini mengembangkan ilmu Merpati Putih.

kemudian setelah dari gunung itu kembali ke lapangan tempat berkumpul dekat Pantai Parangkusumo untuk istirahat lalu dilanjutkan dengan melakukan upacara pembukaan Tradisi MP 2019 dan sambutan dari Pewaris Merpati Putih, Mas Amos & Mas Hemi serta sambutan dari para Dewan Guru.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi teknik Merpati Putih dan momen menyambut matahari terbenam di Pantai Parangkusumo.

setelah menyambut matahari terbenam, acara dilanjutkan dengan istirahat lalu kemudian sosialisasi mengenai pembuatan film Merpati Putih, yaitu “Jalan Hening Mas Poeng”.

lalu dilanjutkan dengan Renungan malam yaitu dengan ziarah ke makam keraton yogya kemudian istirahat. keesokan harinya, yaitu hari minggu, 29 September 2019 kegiatan diawali dengan menyambut matahari terbit yang mana saat matahari terbit para peserta Tradisi melakukan pernapasan matahari. kemudian dilanjutkan dengan meminum air 7 sumber.

Kemudian acara ditutup dengan upacara penutup dan keberangkatan pulang dimulai dari pukul 13:30 dan sampai di Jakarta Barat dengan selamat pada pukul 03:00 dini hari, Senin 1 Oktober 2019.

Semoga dengan berjalannya proker tahunan ini, MP BInus bisa mengembangkan keilmuan dan bisa memahami sejarah-sejarah MP lebih mendalam serta bisa mebagikan ilmu & pegalaman yang didapat dari tradisi MP ini kepada anggota MP Binus lainnya.

MP BINUS !!??
FIGHT !! WIN !! PRIDE !!

Keseruan Tradisi MP 2019 bisa dilihat dengan meng-klik link berikut :
TRADISI MERPATI PUTIH 2019

Muhamad Aiman Hisyam