Kategori Tanding Silat ada jenisnya? Apa aja tuh?

Yap, dalam Pencak Silat, ada yang namanya kategori pertandingan. Setiap kategori membedakan satu dengan yang lainnya. Disini, kita bakal jelasin setiap kategori pertandingan beserta tambahannya dibawah ini. Yuk kita mulai dari yang pertama adalah

  1. Kategori Tanding

Kata tanding sendiri adalah memiliki arti beradu/bertanding satu sama lain. Dalam kategori ini, menampilkan 2 (dua) Pesilat yang berada di sudut yang berbeda. Keduanya harus menggunakan unsur pembelaan dan serangan yaitu menangkis/mengelak/mengena/ menyerang pada sasaran atau menjatuhkan lawan serta menggunakan teknik dan taktik saat bertanding dan stamina serta daya juang yang kuat.

  1. Kategori Tunggal

Di kategori ini, seorang Pesilat harus menampilkan kemahirannya dalam Jurus Tunggal Baku secara benar, tepat dan menjiwai baik menggunakan tangan kosong maupun bersenjata. Ketentuan dan Peraturan yang berlaku turut diperhatikan dalam Kategori Tunggal.

  1. Kategori Ganda

Ganda disini berarti menampilkan dua orang pesilat dari tim yang sama memperagakan keahlian serta kemahiran dan kekayaan teknik jurus serang bela yang ada dan dimiliki. Gerakan tersebut ditampilkan secara terencana, efektif, estestis dan mantap serta logis dalam sejumlah rangkaian seri yang teratur,baik, bertenaga dan cepat maupun gerakan lambat penuh penjiwaan yang menggunakan tangan kosong dan dilanjutkan dengan bersenjata. Ketentuan dan Peraturan yang berlaku juga turut diperhatikan.

  1. Kategori Regu

Menampilkan 3 (tiga) orang pesilat dari tim yang sama. Dan menampilkan kemahiran mereka dalam jurus Regu Baku secara benar,tepat,mantap dan menjiwai serta yang terpenting adalah kompak baik dengan tangan kosong maupun senjata. Ketentuan dan peraturan berlaku masih diperhatikan dalam kategori ini.

Nah itu dia beberapa kategori pertandingan yang ada, untuk kategori Tunggal, Ganda, dan Regu mereka adalah khusus untuk mempertandingkan Seni silat. Jadi, udah tau kan? Jenis-jenis dari kategori tersebut? Oiya, Peraturan ini tertulis serta diatur pada Bab I Peraturan Pertandingan IPSIĀ  Tahun 2012. Sekian dan terima kasih!