Tradisi Paskah Kami: Bagaimana KMK BINUS Greater Jakarta Menyambut Paskah 2023

Umat Kristiani di seluruh dunia sangat mementingkan perayaan Paskah. Ini adalah perayaan atas dasar-dasar kekristenan dan kebangkitan Yesus Kristus. Empat puluh hari puasa, doa, dan pertobatan secara tradisional dilakukan oleh orang Katolik menjelang Paskah. Oleh karena itu, KMK BINUS Greater Jakarta menyelenggarakan Sakramen Pertobatan, Misa Kamis Putih, dan Ibadat Jumat Agung dalam rangkaian perayaan Paskah KMK BINUS Greater Jakarta. Perayaan ini berlangsung dari tanggal 1 hingga 7 April 2023.

Perayaan terjadwal pertama kami adalah Sakramen Rekonsiliasi. Perayaan ini berlangsung pada tanggal 1 April 2023 di kampus Syahdan BINUS @Kemanggisan dan kampus BINUS @Alam Sutera. Kami mendorong para Binusian untuk merenungkan kelemahan dan dosa masing-masing untuk menemukan pembaharuan dan pertumbuhan spiritual. Umat Kristiani biasanya mengambil bagian dalam Sakramen Rekonsiliasi untuk menerima pengampunan dan kesembuhan atas dosa-dosa mereka. Itu adalah sarana untuk memperbaiki hubungan dengan Tuhan dan Gereja, serta memperoleh kesucian dan kebajikan. Itu juga merupakan ekspresi kerendahan hati di hadapan Tuhan dan pengakuan atas ketidakberdayaan seseorang. Kami memulai Sakramen Rekonsiliasi dengan doa pertobatan untuk mempersiapkan diri kita menghadap Allah dalam sakramen.

Sesi Ibadat Tobat di Binus @Alam Sutera

Perayaan kedua diadakan pada tanggal 6 April 2023 di BINUS @Alam Sutera. KMK BINUS juga turut menggelar Misa Kamis Putih. Kamis Putih adalah hari Kamis sebelum Minggu Paskah dan merupakan salah satu hari paling suci dalam kalender umat Kristiani. Umat Kristiani merayakan Kamis Putih untuk mengingat pengabdian dan kerendahan hati Yesus yang tanpa pamrih pada Perjamuan Terakhir. Tindakan saling membasuh kaki merupakan simbol panggilan untuk melayani dan pentingnya merawat orang lain, terutama yang lemah dan rentan. Saat Yesus bersiap untuk kehilangan nyawa-Nya demi penebusan umat manusia, pembasuhan altar dan berjaga berfungsi sebagai pengingat akan penderitaan dan pengorbanannya.

Sesi Pembasuhan Kaki Saat Misa Kamis Putih

Terakhir, KMK BINUS mengadakan Ibadat Jumat Agung yang dilaksanakan pada tanggal 7 April 2023 di BINUS @Alam Sutera. Umat Kristiani di seluruh dunia menyisihkan hari untuk Jumat Agung yang berfokus pada pengorbanan yang dilakukan Kristus bagi mereka. Sebagai musim doa, penebusan dosa, dan pengabdian mengingat umat Kristiani akan tindakan cinta dan pengorbanan terakhir pada penyaliban dan kematian Yesus. Ini adalah pengingat yang kuat akan pesan inti iman Kristen: bahwa kematian dan kebangkitan Yesus telah menebus umat manusia yang berdosa dan bahwa penebusan ini ditawarkan kepada semua orang.

Ibadat Jumat Agung

Ketaatan Sakramen Tobat, Misa pada Kamis Putih, dan Ibadah pada Jumat Agung membantu mempersiapkan kita secara spiritual dan emosional untuk Paskah. Kami mengundang seluruh umat Katolik di BINUS University dan umum untuk bergabung bersama kami dalam merayakan Paskah, sebagai waktu untuk merenungkan pentingnya hidup Kristus dan pengorbanan yang Ia lakukan untuk penebusan kita. Melalui perayaan ini, sejumlah besar individu di kampus terlibat satu sama lain dan bekerja sama sebagai hasilnya. Berbagi pengetahuan, membuat koneksi baru, dan membina lingkungan yang mendukung pertumbuhan adalah hasil yang mungkin dari pertemuan semacam itu. Menjaga komunitas kampus yang damai dan produktif membutuhkan penanaman dan penguatan ikatan kekeluargaan di antara mahasiswa. Membangun kepercayaan di antara peserta membuatnya lebih mudah untuk berkolaborasi pada tujuan bersama dan menarik kekuatan satu sama lain dalam menghadapi kesulitan.

Salah satu aspek penting dari Paskah adalah pentingnya ditempatkan pada cinta. Jadi, kami melakukan ini untuk melayani orang-orang dengan kasih sayang dan kemakmuran yang baik. Oleh karena itu, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua panitia serta pihak yang telah membantu mensukseskan perayaan Paskah Greater Jakarta 2023. Terima kasih atas kerja keras dalam menyukseskan perayaan ini. Kami juga ingin berterima kasih pada semua pihak yang telah datang untuk memeriahkan perayaan Paskah Greater Jakarta 2023 ini. Sampai jumpa di event KMK BINUS selanjutnya!

 

Penulis : Deviany

Peninjau : Sekretaris Umum KMK BINUS