KMK BINUS TALK SHOW 2022: “CALM DOWN IN LIFE’S TROUBLES”

BINUS University, KMK BINUS @Greater Jakarta – Setiap tahunnya, BINUS University mengadakan BINUS Festival sebagai program rutin yang diselenggarakan oleh Student Club and Activity Center (SCAC) bersama dengan seluruh Organisasi Kemahasiswaan (OK), baik Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) maupun Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) di BINUS University. Sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di bidang kerohanian, Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) BINUS turut andil dalam BINUS Festival  dengan mengadakan talk show dengan tema “Calm Down in Life’s Troubles”. Acara ini kami adakan pada Jumat, 9 Desember 2022 mulai jam 11.00 WIB secara daring melalui Zoom Meeting.

Acara ini dibuka oleh MC dengan perkenalan, lagu “Allah Peduli”, dan doa pembuka. Kemudian untuk memeriahkan dan mencairkan suasana di Zoom, kami mengadakan sesi ice breaking yaitu “Tebak Kata” dimana kami menyediakan beberapa gambar dan meminta peserta untuk menyusun gambar tersebut sebagai suatu kata yang utuh. Sesi ice breaking ini sangat menarik antusias karena banyaknya partisipasi aktif dari peserta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah disediakan. Setelah MC berhasil membangun suasana yang aktif dalam Zoom, kami melanjutkan acara dengan kegiatan utama yaitu sesi talk show.

Walaupun diadakan secara daring, talk show yang kami adakan tidak kalah seru dengan acara yang diadakan secara luring. Sebab pada KMK BINUS Talk Show 2022, kami mengundang Romo Agustinus Galuh Wicaksono, Pr yang akrab dipanggil sebagai Romo Galuh untuk hadir di tengah-tengah acara kami sebagai pembicara. Beliau merupakan Pastor Rekan di Paroki Gereja St. Albertus de Trapani, Malang. Melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh MC pada sesi talk show ini, kita mendapatkan banyak pelajaran berharga bahwa Allah akan senantiasa menyertai kita sampai akhir zaman, sehingga kita sebagai murid Tuhan diharapkan jangan pernah takut bahwa Tuhan akan meninggalkan kita. Sesuai dengan kutipan dari Injil Matius 18:20 “Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka.”

Lalu setelah sesi talk show selesai, acara dilanjutkan dengan tanya jawab yang dapat diajukan peserta kepada narasumber. Pada sesi ini peserta diperkenankan untuk berbagi pengalaman sulit, ataupun bertanya tentang apa pun yang mungkin menjadi kekhawatiran diri selama menjalani kehidupannya. Antusias  peserta sangat dirasakan melalui interaksi antara Romo Galuh dengan peserta yang menghasilkan banyak diskusi menarik, dimana menggambarkan kekhawatiran yang sering kali dihadapi oleh mahasiswa dan bagaimana cara mengatasi kekhawatiran tersebut dengan mendekatkan diri kepada Tuhan.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembagian doorprize top up saldo e-wallet yang diundi melalui platform “Wheel of Names”, dimana pemenang doorprize dipilih secara acak berdasarkan data peserta yang hadir pada acara KMK BINUS Talk Show 2022. Setelah seluruh pemenang telah terpilih, MC menutup acara dengan dokumentasi dan juga doa penutup.

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat-Nya kami dapat menyelenggarakan acara KMK BINUS Talk Show 2022 dengan lancar. Terima kasih kepada seluruh panitia yang telah menyiapkan acara ini dengan sepenuh hati, dan tak lupa kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada peserta atas partisipasi aktif selama acara KMK BINUS Talk Show 2022 berlangsung. Semoga segala pemaparan yang telah disampaikan Romo Galuh, dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menjalani kehidupan sehari-hari! Sampai jumpa di acara KMK BINUS selanjutnya! 

Penulis : Elfrida Clara Febriyanne

Peninjau : Sekretaris Umum KMK BINUS