MISA JUMAT PERTAMA KMK BINUS | 2 JUNI 2022

BINUS University, KMK BINUS – Hari Jumat yang jatuh pada tanggal 3 Juni 2022 merupakan Jumat pertama di bulan ini, KMK Binus mengadakan Misa Jumat pertama secara hybrid dengan sebagian melakukan misa offline di BINUS Malang sedangkan sisanya secara online. Misa Jumat pertama ini dihadiri oleh sejumlah umat secara hybrid termasuk kelompok paduan suara dan 44 umat secara daring via Zoom yang terdiri dari mahasiwa-mahasiswi, dosen, staff atau karyawan, maupun alumni BINUS University dari berbagai regional. Misa Jumat Pertama secara hybrid ini dilaksanakan secara rutin setiap bulan pada Jumat di minggu pertama mulai pukul 12.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

Pada kesempatan ini, misa dilaksanakan di BINUS Malang bersama Romo Laurens Gafur, SMM. Perayaan ekaristi dibuka dengan menyanyikan lagu ‘Dengan Gembira’ didampingi oleh kelompok paduan suara . Pada misa Jumat Pertama ini, seluruh umat diajak untuk merenungkan kembali akan tugas dan tanggung jawab yang telah dipercayakan Tuhan kepada kita.

Injil yang dibacakan dan direnungkan oleh Gereja Katolik di seluruh dunia pada misa Jumat Pertama ini mengemukakan tentang penampakan Yesus kepada para murid setelah kebangkitan-Nya. Dalam penampakan itu, Yesus mengajukan pertanyaan yang amat penting kepada Simon tentang mengasihi Yesus, pertanyaan tersebut diulang sebanyak 3 kali. Kemudian Simon menjawab bahwa ia mengasihi Yesus, lalu Yesus meminta Simon untuk menggembalakan domba-dombanya. Dalam Injil ini, Yesus mengingatkan Petrus akan tanggung jawabnya sebagai kepala para murid bahwa ia harus bertanggungjawab atas tugas yang dipercayakan kepadanya dan itulah bukti kasihnya kepada Yesus.

Jika pertanyaan yang sama diajukan kepada kita sebanyak 3 kali, apakah jawaban kita? Yesus ingin mengajarkan kepada kita untuk bertanggung jawab atas tugas-tugas apapun yang dipercayakan kepada kita. Sebagaimana yang dilakukan oleh Paulus dalam bacaan pertama misa ini, Paulus diadili karena tugasnya mewartakan Injil, namun ia tetap bertanggungjawab akan perutusan Tuhan. Sebagaimana teladan yang  dilakukan Petrus, yakni menggembalakan domba-domba yang dipercayakan Tuhan Yesus kepadanya.

Melalui misa Jumat Pertama kali ini, kita diajak untuk semakin sadar dan yakin bahwa setiap tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan kepada kita adalah perutusan. Melalui kesempatan ini, kita diajak untuk bersaksi tentang kebaikan dan kebenaran. Tugas dan tanggung jawab itu merupakan medan kesaksian dan medan kerasulan. Semoga tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan kepada kita senantiasa menjadi sarana berkat bagi banyak orang. Akhir kata, KMK BINUS mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh umat.  Sampai jumpa lagi di misa Jumat Pertama berikutnya!

#KMKBINUS
#AllForJesus

Penulis: Clementhya Vania

Peninjau: Medkom KMK BINUS