RENUNGAN | Minggu Adven III

Yes. 61:1-2a,10-11; MT Luk. 1:46-48,49-50,53-54; 1Tes. 5:16-24; Yoh. 1:6-8,19-28.

Menanti Kabar Baik dalam Sukacita Bersama Tuhan

Pada Minggu Adven ke-3 ini, Bacaan Injil Yohanes menceritakan seseorang yang diutus Allah bernama Yohanes. Yohanes sendiri datang untuk memberi kesaksian kepada semua orang agar percaya mengenai terang, di mana ia sendiri bukanlah terang yang dimaksud melainkan Mesias. Banyak sekali orang yang bertanya dan ragu terhadap Yohanes tetapi Yohanes tetap mewartakan terang di antara banyak orang.

Dalam bacaan pertama dari kitab Yesaya, dituliskan bahwa Tuhan Allah akan menumbuhkan kebenaran dan puji-pujian di depan semua bangsa dan oleh sebab itu kita harus bersukaria di dalam Tuhan. Tuhan tidak akan membiarkan kita terjebak di dalam kesengsaraan, remuk hati, keterkekangan, perkabungan, dan hal buruk lainnya. Allah justru akan menghibur kita dengan kabar baik yang disampaikan melalui orang-orang yang terpilih-Nya. Berkaitan pula dengan mazmur tanggapan dalam Injil Lukas, Tuhan telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Siapapun yang berpegang pada Tuhan akan dilimpahkan segala yang baik dan mengalami kebahagiaan. Bacaan kedua dari Surat Rasul Paulus yang pertama kepada jemaat di Tesalonika mengingatkan kita untuk tetap berdoa, mengucap syukur, tidak memadamkan Roh, dan tidak menganggap rendah nubuat-nubuat sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kita agar sukacita dan damai selalu menyertai kita.

Dalam Minggu Adven ke-3 ini, kita sebagai umat diharapkan untuk tetap menyebarkan kabar baik kepada semua orang mengenai Tuhan Allah walaupun kita diragukan oleh orang lain. Jangan ragu untuk tetap bersukaria di dalam Tuhan karena Tuhan tidak akan membiarkan kita terjebak di dalam hal buruk apa pun. Tetaplah berdoa, bersyukur, dan selalu memuji Allah agar kita selalu bersukacita dalam menjalani hidup ini. Semoga Tuhan memberkati.

Penulis : Melani Sugiarti Putri dan Olivia Permatasari
Peninjau : Tim Liturgi KMG dan Sekretaris KMK

Referensi gambar:
http://www.satuharapan.com/uploads/pics/news_34_1452301692.jpg