Kegiatan Paskah KMK BINUS Malang 2023 | Power of God, Power of Us

Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Universitas BINUS Malang – Paskah merupakan salah satu peristiwa penting dalam pengalaman iman Kristiani. Wafat Kristus membawakan kedukaan besar bagi umat-Nya yang mengikut Dia. Namun pada hari ketiga, Yesus bangkit dari maut dan bersama-Nya bangkit pula umat-Nya, meninggalkan dosa-dosa lama. Kini, umat Kristiani didorong untuk mampu meninggalkan diri lama yang penuh dosa-dosa dan bangkit bersama Kristus sebagai diri yang baru. Sebagai umat yang mengikut Kristus, BINUSIAN Katolik ingin ikut memupuk semangat pertobatan dan pengorbanan Paskah yang ditunjukkan Kristus melalui pengorbanan-Nya demi umat manusia.

Pada kesempatan ini KMK Universitas BINUS Malang memiliki misi untuk mendekatkan anggotanya dengan Tuhan dan sesama dengan cara mengadakan Kegiatan Paskah bersama. Tidak hanya mengundang BINUSIAN Katolik, tetapi juga mengundang beberapa organisasi keagamaan Katolik dari beberapa kampus di Malang. KMK Universitas BINUS Malang ingin mengajak para umat Kristiani dalam maupun luar BINUS untuk lebih mengenal Tuhan yang mengorbankan diri-Nya demi menebus dosa umat manusia. Kegiatan Paskah bersama KMK BINUS Malang 2023 ini berlangsung pada Senin, 10 April 2023 di Aula Gereja Katolik Paroki St. Albertus de Trapani yang terletak pada lantai tiga. Keseluruhan rangkaian acara berjalan selama lima setengah jam, mulai pukul 09.00 hingga 14.00.

Perayaan Paskah KMK BINUS Malang tahun ini mengangkat tema “Power of God, Power of Us”. Tema ini bertujuan untuk mengingatkan umat manusia akan kekuatan yang diberikan oleh Allah untuk bangkit dan percaya bahwa Allah tidak meninggalkan manusia, tetapi, Ia memberikan kesempatan bagi kita semua untuk memperbarui janji dan bertobat. Melalui Talkshow yang dibawakan oleh RP Bartolomeus Agustinus Soko Kowe, peserta diberi kesempatan untuk mendalami diri dan makna iman kepada Kristus yang menjadi pedoman hingga saat ini.

Walaupun diawali dengan sedikit keterlambatan dalam mulainya acara, tetapi acara Paskah ini dapat tetap terlaksana dengan cukup baik. Tidak hanya melakukan sesi Sharing, tetapi juga ada sesi lainnya yang tidak kalah seru seperti sesi ice breaking, sesi makan bersama, kemudian sesi menghias telur yang menjadi momentum untuk mengangkat atmosfir kegiatan dan dilanjutkan dengan sesi worship. Sesi ini merupakan varian baru dari kegiatan KMK BINUS Malang, peserta diajak bermeditasi dalam ketenangan untuk mendalami serta meneguhkan iman. Akhir rangkaian acara inti diisi dengan pencurahan harapan dan isi hati peserta setelah mengikuti kegiatan ini.

Terlaksananya kegiatan Paskah bersama menjadi suatu pelajaran bagi semua yang terlibat. Paskah memberikan pesan untuk tetap berjuang meski melawan gempuran rintangan dan kegagalan hidup.

 

Penulis           : Angelica Gabriella Leoni Kusumadewi