SEJARAH BULAN MARIA

Gereja Katolik memiliki tradisi yang istimewa, yaitu mendedikasikan bulan – bulan untuk suatu hal, salah satunya adalah devosi kepada Bunda Maria. Dalam satu tahun, ada dua bulan yang didedikasikan, yaitu Bulan Mei dan Oktober. Bulan Mei dikususkan untuk berdevosi kepada Bunda Maria sedangkan Bulan Oktober difokuskan untuk berdoa Rosario.

Sejarah mengenai bulan Mei sebagai Bulan Maria ini dimulai sejak tahun 1809, ketika Paus Pius VII ditangkap oleh pasukan dari Napoleon Bonaparte. Di dalam penjara, Paus sering berdoa kepada Bunda Maria supaya dibebaskan dari penjara. Dari dalam penjara Paus Pius VII berjanji untuk mendedikasikan satu bulan dimana umat Katolik berdevosi kepada Bunda Maria ketika bebas nanti. 5 tahun kemudian, tepatnya di tanggal 24 Mei 1814, Paus Pius VII dibebaskan. Pada tahun berikutnya, Paus Pius VII mendedikasikan bulan tersebut kepada Bunda Maria. Dengan begitu, tradisi ini semakin banyak dikenal oleh umat Katolik.

Sejarah Bulan Rosario yang dirayakan pada bulan Oktober bermula dengan pertempuran yang terjadi di Lepanto pada tahun 1571 yang dikenal sebagai Battle of Lepanto. Pada pertempuran tersebut, Kerajaan Ottoman yang berasal dari Turki memiliki jumlah pasukan yang melebihi pasukan Katolik dari Spanyol, Venesia, dan Genoa. Situasi yang mendesak ini membuat Don Juan (komandan armada Katolik) berdoa rosario memohon pertolongan Bunda Maria. Hal tersebut diikut oleh Paus Pius V bersama seluruh umat Katolik diseluruh Eropa membacakan doa Rosario terus menerus didaraskan dari petang hingga subuh sebagai bentuk permohonan terhadap pertolongan Bunda Maria. Pada tanggal 7 Oktober, pasukan Katolik akhirnya memenangkan perang Lepanto. Setelah itu Paus Pius V menetapkan tanggal 7 Oktober sebagai peringatan Rosario dalam Misa Kudus di Vatikan. Seiring berjalannya waktu, umat Katolik mulai memperingati bulan Oktober sebagai Bulan Maria.

Battle of Lepanto

 

 

Daftar Pustaka

http://www.santoyakobus.org/2015/2011/05/bulan-mei-bulan-maria/

http://dibawahperlindunganmaria.blogspot.com/2015/10/sejarah-bulan-maria-kenapa-bulan-mei.html

 

Sumber Gambar:

http://www.parokiparung.org/belajar-dari-bunda-maria/

http://www.katolisitas.org/mei-dan-oktober-sebagai-bulan-maria/

https://www.tldm.org/news6/lepanto.htm