One Million Help 2024

Pada tanggal 13 Juni 2024, Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana berhasil menyelenggarakan event One Million Help 2024 dengan tema “Exploration in Overcoming Malnutrition”. Event ini diselenggarakan secara onsite di Sekolah Dasar Negeri Tegal Angus, Tangerang. One Million Help 2024 memiliki tiga tujuan utama, yaitu:

  • Menambah pengetahuan masyarakat terkait makanan bergizi, pola makan yang teratur, dan pola hidup yang sehat melalui pemberian edukasi oleh volunteer.
  • Meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terkait implementasi pembuatan makanan bergizi yang simpel.
  • Mempermudah akses masyarakat dalam upaya pemenuhan makanan bergizi melalui pemaparan terkait cara menanam tanaman sebagai sumber makanan sebagai upaya mengatasi masalah malnutrisi.

            Event One Million Help 2024 ini terdiri dari tiga kegiatan utama, yaitu kegiatan Edu-Together, Cook-Together, dan Plant-Together. Kegiatan Edu-Together merupakan kegiatan pemberian edukasi kepada siswa/i kelas 5 SD Negeri Tegal Angus terkait gizi seimbang dan pola makan yang sehat. Dalam kegiatan ini, pemberian edukasi dilakukan secara interaktif dan diselingi oleh kegiatan ice breaking dan games. Event ini kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Cook-Together. Kegiatan Cook-Together adalah kegiatan dimana siswa/i kelas 5 SD Negeri Tegal Angus diajarkan untuk membuat makanan simpel yang bergizi, seperti kimbab dan sup jeli buah. Siswa/i diberikan contoh tata cara pembuatan kimbab dan sup jeli buah, kemudian praktek membuat kimbab dan sup jeli buah berdasarkan contoh yang telah diberikan.

Kegiatan terakhir adalah kegiatan Plant-Together. Dalam kegiatan Plant-Together, siswa/i kelas 5 SD Negeri Tegal Angus diajarkan untuk menanam tanaman sayur, seperti kangkung, bayam, dan sawi secara hidroponik sederhana. Dalam kegiatan ini juga dilakukan pembagian brosur brosur yang berisikan tata cara perawatan tanaman hidroponik dan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman hidroponik. Pembagian brosur dilakukan dengan harapan penanaman tanaman hidroponik ini dapat dilakukan secara berkelanjutan dan tanaman yang telah ditanam dapat bertumbuh hingga menghasilkan sayur sebagai salah satu sumber makanan.

One Million Help 2024 kemudian diakhiri dengan penutupan oleh MC, dokumentasi panitia dan volunteer bersama anak-anak, serta pembagian sembako kepada orang tua dari siswa/i yang telah mengikuti event One Million Help 2024.

Dengan diselenggarakannya One Million Help 2024, Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana berharap event ini dapat menjadi upaya perwujudan Sustainable Development Goal 2, yaitu Zero Hunger. Melalui tema “Exploration in Overcoming Malnutrition”, One Million Help 2024 berupaya untuk berkolaborasi dan menemukan langkah inovatif untuk menciptakan dampak yang nyata dan berkelanjutan dalam mengatasi masalah gizi dan mengakhiri malnutrisi.

One Million Help 2024 ini dapat berjalan dengan lancar karena dukungan dan kontribusi dari seluruh pihak, baik pihak internal maupun eksternal. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak SD Negeri Tegal Angus yang bersedia untuk bekerja sama dengan kami dalam menyelenggarakan acara ini. Selain itu, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak media partner dan sponsor yang telah berkontribusi dalam acara kami. Kami juga berterima kasih pada seluruh panitia dan volunteer yang telah hadir dan mendukung acara One Million Help 2024. Tidak lupa, kami ingin meminta maaf atas segala kekurangan dari perkataan dan perbuatan yang menyinggung atau merugikan berbagai pihak manapun.

Demikian saya akhiri, semoga acara One Million Help 2024 memberikan pengalaman yang berkesan dan bermanfaat bagi semua pihak yang berpartisipasi. Semoga kita semua dapat bekerja sama lagi di lain waktu. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa di event-event KMBD selanjutnya.

Chindy Averina