Pentingnya Me Time dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dalam kehidupan modern ini, tentunya ada banyak tekanan dan tuntutan dari luar yang menyebabkan kesibukan tak berujung. Sehingga, waktu yang disisihkan untuk diri sendiri semakin berkurang. Jika kita terus menerus terjebak dalam rutinitas tersebut, maka kita menjadi kurang bersemangat dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, kita memerlukan me time di tengah kesibukkan. Me time merupakan waktu yang digunakan untuk memberi ruang untuk diri sendiri. Tujuannya untuk melepas stress, mengisi energi kembali, dan lebih memahami diri sendiri. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan aktivitas yang disukai, seperti berlibur, menonton film, meditasi, olahraga ataupun membaca buku.

Berikut manfaat dari me time, yaitu:

  • Membantu melepas stres. Di tengah kesibukan kita sebaiknya memberikan waktu untuk menenangkan pikiran. Cara untuk menenangkan pikiran dengan melakukan hobi, journaling, dan meditasi. 
  • Meningkatkan kreativitas, misalnya ketika kita bermain musik, melukis, menulis. Kegiatan ini dilakukan agar mempermudah kita dalam mengekspresikan diri.
  • Meningkatkan konsentrasi dengan cara membaca buku. Ketika membaca buku, kita akan berfokus pada apa yang kita baca. Sehingga konsentrasi kita akan meningkat. Selain itu, membaca buku membantu kita berpikir kritis dalam menghadapi suatu masalah.
  • Mampu mengatasi masalah lebih efektif. Dalam situasi sulit, sebaiknya mengalihkan fokus kita dengan memberi ruang untuk diri sendiri. Dengan begitu, kita dapat memiliki jalan keluar yang tepat untuk masalah tersebut.
  • Membantu memahami diri sendiri. Dengan adanya me time, kita memiliki kesempatan untuk memahami perasaan yang sedang dirasakan, merenung, dan mengetahui apa kebutuhan pribadi kita.
  • Memperkuat hubungan sosial. Jika kita memiliki waktu untuk memulihkan diri, kita dapat meningkatkan kualitas hubungan orang-orang disekitar kita. Me time dilakukan untuk mencegah kejenuhan dalam berinteraksi dan konflik terhadap orang lain.

Ketika kita disibukkan berbagai pekerjaan, terkadang kita lupa untuk menyisihkan waktu untuk me time. Hal ini bisa mengakibatkan kelelahan yang berlebihan. Maka dari itu, kita perlu melakukan me time dalam kehidupan sehari-hari untuk keseimbangan dan kesejahteraan hidup.

Sumber:

Revita, Tiffany. (2022, 20 Desember). Me Time: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Kegiatannya. Diakses 20 Februari 2024, dari https://dailysocial.id/post/me-time

Sitanggang, Debora Danisa Kurniasih Perdana. (2022, 5 Agustus). Me Time Artinya Apa? Ini Kegiatan dan Manfaatnya. Diakses 24 Februari 2024, dari https://www.detik.com/jabar/berita/d-6216477/me-time-artinya-apa-ini-kegiatan-dan-manfaatnya

 

Irene Susanto