Tips Belajar Coding Untuk Pemula

Halo teman-teman seDhamma! apakah teman-teman tau bahwa coding sangat berguna sekarang. Coding bisa untuk membuat website, aplikasi, games bahkan AI (Artificial Intelligence) seperti ChatGPT juga memakai coding lho!. Jadi untuk topik hari ini kami akan memberi tips dan trick untuk anda yang ingin mempelajari coding.

  1. Pelajari konsep dasar coding

Ada 5 hal yang mendasari coding antara lain:‍

  1. Struktur Data, format khusus yang berhubungan dengan penyimpanan dan analisis data sesuai dengan tujuan penggunaannya.
  2. Variabel, hal yang merujuk pada angka, nilai, memory address dan character string yang menjadikan seorang programmer bisa menciptakan program tertentu.
  3. Control Structure, blok pemrograman yang bermanfaat untuk menganalisis suatu variabel dan memutuskan arah berikutnya.
  4. Tools, merujuk pada program komputer yang berguna untuk membuat, mendukung, memelihara sekaligus mengoperasikan debug.
  5. Syntax, kode yang bisa dimengerti oleh komputer sehingga tujuan programmer tercapai.
  1. Pelajari jenis-jenis developer

Developer sangat penting dalam coding lho karena developer bertugas untuk mengembangkan website atau aplikasi. Setiap developer memakai jenis coding yang berbeda-beda.

Beberapa jenis developer yang perlu kamu ketahui yaitu:

  • Front-end developer, mengurusi masalah website dari tampilan. Umumnya menggunakan CSS, JavaScript dan HTML.
  • Back-end developer, mengurusi masalah pengelolaan aplikasi, server dan database untuk memastikan adanya komunikasi yang lancar tanpa terhambat.
  • Full-stack developer, memperbaiki front-end dan back-end yang ada pada sebuah website atau aplikasi.
  1. Pahami perbedaan Bahasa pemrograman

Untuk menjadi programmer, istilahnya kamu akan berkomunikasi dengan komputer yang pasti tidak paham bahasa manusia. Makanya, teman-teman wajib  nih belajar bahasa pemrograman berupa kode khusus yang dipahami oleh komputer.

Ada beberapa tipe bahasa pemrograman yang meliputi:

  • Style Sheet
  • Markup
  • Script
  1. Awali dengan belajar HTML

Bagi teman-teman yang masih pemula, cobalah belajar coding dengan memulai dari HTML sebagai bahasa markup karena semua website memakai Bahasa HTML sebagai dasar. 

Setelah menguasai HTML, teman-teman boleh mengeksplor bahasa pemrograman lain seperti SCSS dan CSS. Teman-teman juga bisa mempelajari tipe bahasa tersebut secara bersamaan karena HTML dan CSS diibaratkan serangkai. Jadi, HTML mengurusi masalah struktur tampilan, sedangkan CSS atau SCSS bertugas dalam mendesain tampilan website. Setelahnya, perluas ke JavaScript dan PHP.

  1. Kembangkan kemampuan coding

Setelah berhasil menguasai dasar HTML, CSS, SCSS, PHP dan JS. maka kemampuan teman-teman akan lebih mudah berkembang. Pengembangannya bisa dimulai dari bahasa pemrograman C yang menjadi dasar dari bahasa pemrograman yang lebih rumit lagi. Kemudian, pelajari Python yang fungsinya cukup banyak untuk mengurusi statistik, mengembangkan website dan menciptakan berbagai fitur baru. Setelah itu, coba lanjut pelajari Java yang ramah untuk pemula. Jika sudah berada di level mahir, maka jangan takut untuk memahami C++. Versi upgrade dari C tersebut berfungsi untuk membangun sistem operasi, aplikasi rumit dan grafis game

 

Nah jadi itu adalah beberapa tips untuk belajar coding. Tips cara belajar coding yang efektif tersebut akan mempermudah proses belajar coding secara otodidak. Jangan lupa terus upgrade skill yang teman-teman punya karena bahasa pemrograman selalu berkembang pesat. Jika memungkinkan, perbanyak ikut bootcamp atau bergabung ke komunitas coding.

 

Source:  https://www.binaracademy.com/blog/cara-belajar-coding-yang-efektif-untuk-pemula