Gempa Turki

Halo teman-teman seDhamma! Pada tema kali ini kita akan membahas tentang gempa yang terjadi di turki beberapa hari yang lalu. Tapi sebelum itu kita bahas dulu apa itu gempa, Gempa adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari bawah permukaan secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi atau lempeng bumi.

Jadi teman-teman sudah tahu apa aitu gempa, sekarang kita akan balik ke topik utama yaitu gempa yang terjadi di negara Turki. Gempa Turki terjadi pada tanggal 6 February 2023 dengan kekuatan 7,8 SR dan bersifat merusak. Dilansir dari situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dr. Daryono, S.Si, M.Si, Direktur Pusat Gempa dan Tsunami, bahwa gempa tersebut berasal dari zona subduksi Anatolia Timur, yaitu zona subduksi aktif yang terkait dengan dinamika lempeng tektonik Arab dan Anatolia. Mendukung pernyataan tersebut, Irwan Meilano menyatakan bahwa gempa di Turki merupakan gempa dengan mekanisme geser (Strike-slip) dan mengatakan bahwa gempa turki termasuk gempa yang ditakuti oleh para ahli.

Hingga sekarang jumlah korban yang tewas akibat gempa sudah melebihi 41.000 korban jiwa dan dari banyaknya korban jiwa yang terselamatkan hanya 9 orang. Ada banyak Gedung dan tempat tinggal yang hancur akibat gempa ini.

Source:

  • https://www.itb.ac.id/berita/pakar-itb-gempa-di-turki-paling-ditakuti-oleh-para-ahli-gempa/59224
  • https://news.detik.com/internasional/d-6569601/korban-jiwa-gempa-turki-suriah-bertambah-jadi-41000-orang