Magha Puja 2566 B.E./2023

Setiap pada hari bulan purnama di sekitar bulan Februari atau Maret, umat Buddha seluruh dunia khususnya di Asia Tenggara, merayakan peringatan Hari Magha Puja. Nama dari perayaan ini diambil dari nama bulan dalam penanggalan India kuno, yaitu bulan Māgha, yang merupakan bulan kesebelas dalam penanggalan tersebut. Hari Magha Puja menjadi istimewa karena adanya 4 hal berupa peristiwa penting yaitu:

1. Berkumpulnya 1250 Bhikkhu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
2. Mereka semua telah mencapai tingkat kesucian arahat dan memiliki enam abhinna.
3. Mereka ditahbiskan sendiri oleh Sang Buddha dengan cara Ehi-Bhikkhu Upasampada.
4. Sang Buddha membabarkan Ovadapatimokkha, di Veluvana Arama pada saat bulan purnama di bulan Magha.

Pada tahun ini, Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana BINUS University mengadakan perayaan Magha Puja 2566 B.E./2023 pada tanggal 2 April 2023 dengan tema “Perfect Living with Dhamma” yang bertujuan memberi tahu bagaimana cara berkehidupan yang benar dengan Dhamma. Perayaan Magha Puja tahun ini dilaksanakan secara hybrid di Auditorium Lantai 4 BINUS University dan juga melalui zoom dan live streaming Youtube.

Pada perayaan kali ini terdapat sesi formal dan informal. Sesi formal dimulai dengan kata sambutan ketua pelaksana dan Ketua Umum KMBD Periode XXXIV. Dilanjutkan dengan rangkaian puja bakti. Lalu, terdapat sesi Dhammatalk dengan tema “Future Focused with Ovada Patimokkha” dengan pembicara Bhante Phrakhru Baidika Bodhi Jagarapanno Mahathera dan dimoderatori oleh Bapak Randy Tunggeleng. Melalui tema ini, topik yang dibahas pada sesi Dhammatalk berkaitan dengan Ovada Pattimokkha. Pemboicaraan juga fokus pada pentingnya mengembangkan kualitas pribadi seperti kesadaran, welas asih, dan kebijaksanaan. Selain itu, topik yang diangkat sesuai dengan makna Ovada Pattimokkha juga menyangkut pentingnya mengatasi emosi negatif seperti kemarahan dan keserakahan serta mengembangkan sifat-sifat positif seperti cinta kasih dan kemurahan hati serta menghubungkannya di kehidupan kita selanjutnya.

Dhammatalk ditutup dengan sesi tanya jawab dengan para hadirin yang hadir, lalu dilanjutkan dengan Blessing dan Pelimpahan Jasa (Pattidana) oleh anggota Sangha. Sesi formal diakhiri dengan Puja Bakti penutup. Sesi informal dimulai setelah istirahat dan diawali dengan sesi Games. Setelah itu terdapat penampilan dari DV Teater dengan tema “Penyesalan” dan curtain call sebagai penutup Perayaan Magha Puja 2566 B.E./2023.