Pentingnya Kesehatan Mental bagi Mahasiswa

Di dunia yang semakin berkembang serta persaingan antar individu yang semakin ketat ini, tak dapat dipungkiri, kesehatan menjadi salah satu aspek penting yang tidak boleh dilewatkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga merupakan hal yang sangat penting.  Meskipun sering dilupakan, nyatanya kesehatan mental seseorang memiliki pengaruh yang terbilang cukup besar dalam keberlangsungan hidup individu. Kesehatan mental yang stabil merupakan suatu kondisi dimana batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang serta memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan dan menghargai orang lain. Kesehatan mental dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti : genetika, lingkungan, orang tua, pertemanan, gaya hidup, hingga status sosial. Sebagai mahasiswa, kita juga tentu harus senantiasa menjaga kesehatan mental kita, nih.

Image by Freepik

Perubahan fase hidup pada awal perkuliahan yang diikuti proses adaptasi tentu merupakan proses yang harus dilewati oleh setiap mahasiswa saat peralihan dari bangku sekolah menuju bangku perkuliahan. Perbedaan lingkungan pertemanan, lingkungan hidup, gaya hidup tentu dapat menjadi faktor yang mempengaruhi kesehatan mental para mahasiswa. Terlebih lagi, mahasiswa masih tergolong ke dalam kelompok remaja, yang masih memiliki emosi yang tidak stabil dan sangat rentan terhadap gangguan mental. Maka dari itu, sangat penting bagi mahasiswa untuk menaruh perhatian lebih terhadap kesehatan mental mereka.

Dikutip dari paparan WHO pada tahun 2019, stress dapat lebih sering muncul karena beberapa hal berikut ini :

  1. Perubahan pola tidur dan pola makan
  2. Ketakutan dan kecemasan mengenai diri sendiri dan ornag lain yang disayangi
  3. Sulit tidur dan berkonsentrasi
  4. Menggunakan obat-obatan

Oleh karena itu, setiap mahasiswa harus mengetahui cara untuk mengatasi hal-hal tersebut. Adapun cara yang dapat dilakukan sebagai berikut:

  1. Melakukan pendekatan spiritual
    Dengan memiliki pondasi dan sandaran yang kuat terhadap Tuhan Yang Maha Esa secara tidak langsung juga dapat membantu kita menyakinkan diri atas apa yang kita jalani.
  2. Kenali dan pahami diri sendiri
    Tidak ada orang lain yang akan lebih memahamimu dari dirimu sendiri. Dengan memahami diri sendiri, kita tentu akan lebih waspada ketika merasakan adanya gejala kesehatan mental.
  3. Ciptakan dan jalin relasi dengan lingkungan yang suportif
    Faktor lingkungan tentu juga berperan besar terhadap kesehatan mental. Oleh karena itu, dengan menempatkan diri di lingkungan yang suportif juga dapat mendorong semangat dari dalam diri kita untuk menjalani kehidupan sehari-hari. 
  4. Ciptakan batas diri dan harapan yang realistis
    Harapan yang berlebihan dan kenyataan yang tidak sejalan sering sekali menjadi penyebab stress pada manusia terutama kalangan remaja. Dengan mengetahui kemampuan kita dan memahami target yang diharapkan akan sangat meminimalisir kekecewaan yang dapat terjadi.
  5. Terapkan pola hidup sehat
    Pola hidup yang sehat dan seimbang seperti makan makanan sehat, tidur yang cukup serta olahraga yang teratur dapat menjaga suasana hati kita agar tetap baik dan terhindari dari pikiran yang tidak diinginkan.

Demikian pentingnya kesehatan mental bagi mahasiswa serta tips untuk tetap mempertahankan kesehatan mental yang stabil. Semoga kita semua senantiasa memiliki suasana hati yang baik dan terhindar dari hal yang tidak diinginakan. 

Sumber: https://nuansa.nusaputra.ac.id/2022/01/20/pentingnya-menjaga-kesehatan-mental-bagi-mahasiswa/