Pentingnya Pola Hidup Sehat

Ditulis oleh: Wannie Tania

Halo teman-teman se-Dhamma! Penyakit merupakan suatu hal yang selalu ingin dihindari oleh setiap orang. Selain tidak nyaman dan dapat merugikan diri sendiri, terkadang juga dapat memengaruhi kegiatan atau aktivitas sehari-hari yang berkaitan dengan orang lain, sehingga secara tidak langsung juga akan berdampak kepada orang lain. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu menjaga tubuh kita agar tidak terserang dari berbagai penyakit. Sebab, dengan tubuh dan pikiran yang selalu sehat, kesejahteraan dan kualitas hidup kita tentunya juga dapat meningkat. Menjaga kesehatan tubuh kita nyatanya tidak sesulit yang dibayangkan, salah satunya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat setiap hari. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat!

  1. Konsumsi Makanan Sehat Bergizi Seimbang

Yang pertama dapat kita mulai dari menjaga pola makan kita. Dalam kehidupan sehari-hari, kita tentu saja sangat suka memakan makanan yang enak. Namun, makanan yang kita konsumsi tidak boleh hanya enak, tetapi juga harus diimbangi dengan makanan yang sehat dan bergizi. Ini merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga pola hidup sehat karena gizi tersebut akan membantu tubuh kita agar dapat tumbuh, berkembang, serta menjalankan fungsinya dengan maksimal. Asupan gizi tersebut meliputi protein, karbohidrat, serat, mineral dan vitamin.

  1. Olahraga

Yang satu ini mungkin kalian sudah sering mendengar bahwa kita harus rajin berolahraga. Walaupun begitu, hal tersebut memang benar apa adanya. Dilansir dari laman healthline.com, penelitian telah membuktikan bahwa olahraga selama 150 menit dalam seminggu dapat membantu meringankan depresi dan kecemasan. Tidak hanya itu, olahraga yang benar dalam waktu yang tepat juga dapat memberikan dampak positif pada kesehatan seperti membantu mencegah penyakit jantung dan stroke, mengendalikan diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, melancarkan peredaran darah, menguatkan otot dan tulang, serta banyak manfaat lainnya.

  1. Istirahat yang Cukup

Selain langkah-langkah di atas, untuk mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat, kita juga bisa mendapatkannya dengan beristirahat yang cukup. Pastikan waktu tidur selalu terpenuhi dan membiasakan diri untuk tidur dan bangun di waktu yang sama. Jika merasa sulit tidur, kita dapat mencoba melakukan beberapa hal seperti mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik untuk membuat tubuh lebih rileks dan semakin mudah terlelap.

Nah, teman-teman sudah tahu beberapa langkah sederhana dalam menerapkan pola hidup sehat. Jadi, jangan lupa untuk mencoba menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari ya!

Apakah kamu merasa tertarik dengan artikel informatif seperti ini? Jangan lupa ya untuk mengecek artikel kami yang lainnya di website KMBD.

Referensi:

Wannie Tania