Jenis-Jenis Lensa dalam Fotografi

Ditulis oleh: Fedrico Oktafiano Saputra

Halo teman-teman se-Dhamma. Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai dasar aturan dalam fotografi. Nah, pada artikel ini, kita akan membahas mengenai lensa. Kita perlu tahu mengenai lensa karena setiap lensa memiliki kegunaan yang berbeda-beda tergantung pada kebutuhan kita.

Pada dasarnya ada 2 kategori lensa yaitu lensa prime dan lensa zoom:

  • Lensa prime memiliki focal length yang tetap. Hal ini mengakibatkan lensa prime memiliki bukaan yang lebih besar dan juga dapat menghasilkan gambar yang lebih tajam. Hal ini membuat prime lens kurang fleksibel karena focal length-nya yang tidak dapat diganti-ganti, namun prime lens memiliki bukaan aperture yang lebih besar dan bobot yang lebih ringan, sehingga memudahkannya untuk dibawa pergi.
  • Sedangkan lensa zoom memiliki beberapa lensa di dalam bodi-nya sehingga kita dapat menggunakan beberapa focal length di dalam satu lensa, membuatnya lebih fleksibel untuk kebutuhan kita namun memiliki bukaan yang lebih kecil. Lensa jenis ini menggunakan lebih banyak kaca di dalamnya sehingga membuat bodi dan bobotnya lebih besar dari lensa prime.

Dalam kedua jenis lens tersebut masih ada lagi berbagai jenis lensa di dalamnya, yang dibedakan melalui focal length-nya. Beberapa lensa tersebut antara lain:

  1. Macro Lens
    Lensa ini digunakan untuk membuat foto macro atau foto yang di close-up. Lensa ini memiliki desain yang memungkinkan mereka untuk membuat gambar yang tajam di jarak yang terlalu dekat. Lensa ini cocok untuk nature photography karena teman-teman bisa mendapatkan banyak detail di dalam satu gambar.
  1. Telephoto Lens
    Lensa telephoto adakah tipe lensa zoom yang memiliki beberapa focal point. Biasanya lensa ini digunakan untuk mengisolasi subjek foto yang sangat jauh. Lensa ini biasa digunakan oleh sports photographer untuk memotret subjek mereka di lapangan ketika mereka berdiri di samping lapangan atau di tribun. Lensa telephoto memiliki banyak pilihan focal length dan beberapa dapat memiliki bentuk yang besar dan berat.
  1. Wide Angle Lens
    Lensa wide angle biasa dugnakan untuk memasukkan banyak area di dalam frame. lensa ini berguna terutama untuk landscape photography atau street photography. Pada lensa wide angle hampir semuanya berada dalam fokus kecuali jika subjek berada sangat dekat dengan lensa.
  1. Standard Lens
    Lensa standard biasa digunakan untuk berbagai jenis fotografi dengan focal length yang berada di tengah-tengah antara 35mm dan 85mm. Lensa zoom dalam range ini memiliki focal length yang dapat mengambil wide angle dan focal length paling jauhnya dapat digunakan untuk zoom subject.
  1. Specialty Lens
    Lensa specialty digunakan untuk memberikan kesan yang unik dan berbeda pada foto teman-teman. ada beberapa tipe lensa specialty namun yang paling sering didengar adalah:

a. Fisheye Lens
Lensa fisheye adalah lensa dengan angle ultra-wide yang dapat mengambil foto 180 derajat di sekitarnya. Lensa ini dinamakan fisheye karena lensa ini mengubah field of view sebuah gambar.

b. Tilt Shift Lens
Lensa tilt shift mengubah perspektif, membuat objek terlihat lebih kecil dari yang sebenarnya.

c. Infrared Lens
Lensa infrared mengubah cahaya di dalam foto, bukan mengubah perspektif seperti pada lensa lain, memfilter gelombang cahaya selain infrared sehingga memberikan efek fisual yang unik.

Nah teman-teman, sekarang kalian telah tahu mengenai jenis-jenis lensa kamera dan apa kegunaannya. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman dalam perjalanan teman-teman menghasilkan foto yang bagus.

Fedrico Oktafiano Saputra