Festival Buddhis Nusantara 2022

Written by. Felicia Zein Chang

Festival Buddhis Nusantara 2022 diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana Binus University area Alam Sutera, dengan Migel Sastrawan Sugiarto sebagai Ketua Pelaksana. Keseluruhan panitia berjumlah 30 orang yang berasal dari aktivis dan pengurus KMB Dhammavaddhana Binus University area Alam Sutera. Acara ini merupakan acara tahunan yang diadakan setiap tahunnya.

Festival Buddhis Nusantara tahun ini secara keseluruhan mengambil tema “Traditional Value as Buddhist in Modern Society,” dengan visi untuk menunjukkan tempat sejarah penting dalam kehidupan Sang Buddha melalui webinar, serta mengajarkan tentang pentingnya untuk tidak melupakan nilai tradisional sejalan dengan perkembangan zaman melalui lomba.

Tujuan dari diadakannya Festival Buddhis Nusantara 2022 ini yaitu untuk memperkenalkan Agama Buddha kepada masyarakat luas, mengenalkan dan melestarikan budaya nusantara melalui lomba, dan juga meningkatkan rasa toleransi di khalayak ramai.

Dikarenakan masih dalam situasi pandemi, seluruh rangkaian acara dilaksanakan secara online baik dari lomba, maupun puncak acara. Puncak acara dari Festival Buddhis Nusantara 2022 adalah webinar yang bertemakan “Pilgrimage in Buddhism” dengan Y.M. Bhikkhu Dhammiko, Thera sebagai pembicara. Semua lomba diadakan melalui media Instagram @festivalbuddhis_kmbd. Sedangkan, webinar diadakan secara live melalui Zoom Cloud Meeting dan YouTube Streaming.

Dalam webinar ini, Y.M. Bhikkhu Dhammiko, Thera membawakan materi dhammatalk tentang berziarah yang dikenal di agama Buddha dengan istilahDharmayatra’ dan ‘Bodhi Yatra’. Disini, dikatakan bahwa ada 4 (empat) tempat yang menginspirasi dan harus dilihat oleh seorang anggota keluarga (Upasaka dan Upasika) yang memiliki keyakinan, berkaitan dengan peristiwa pribadi Buddha. Empat tempat tersebut ialah, Taman Lumbini yang merupakan tempat sang Tathagata lahir, Bodhgaya yang merupakan tempat sang Tathagata mencapai pencerahan sempurna, Taman Rusa Isipatana dimana tempat Sang Tathagatha pertama kali membabarkan dharma, dan yang terakhir adalah Kusinara/Kushinagar yaitu tempat Sang Tathagatha parinibbana.

Ada beberapa lomba yang diselenggarakan dalam Festival Buddhis Nusantara 2022. Pertama, lomba menyanyi lagu daerah dengan list lagu dari semua provinsi di Indonesia yang sudah disiapkan panitia. Juri dari lomba menyanyi adalah Joky Huang dan Eka Yuana Kustiawan. Kemudian, ada juga lomba story telling dengan tema “4 Hari Besar dalam Agama Buddha”. Lalu, ada juga lomba ceramah dengan tema “Catur Paramitha”. Kedua lomba ini jurinya adalah PMy. Pivayadi Saddhamma dan Y.M. Bhikkhu Ratanajayo.

Para pemenang dari seluruh lomba telah diumumkan dalam webinar. Di bawah ini merupakan pemenang-pemenang dari Lomba Ceramah, Story Telling, dan Lomba Menyanyi:

Lomba Ceramah

  • Juara 1 : Edwin Hans Wijaya
  • Juara 2 : Randy Liaw
  • Juara 3 : Vincent Satya Surya
  • Juara Favorit : Randy Liaw

Story Telling

  • Juara 1 : Didi Halim
  • Juara 2 : Stephanie Jessica Tanugraha
  • Juara 3 : Amanda Silvia Rizkita
  • Juara Favorit : Amanda Silvia Rizkita

Lomba Menyanyi

  • Juara 1 : Olinda Renata
  • Juara 2 : Dhyana Paramita Dewi
  • Juara 3 : Noriko Madjid
  • Juara Favorit : Olinda Renata

Kami mengucapkan selamat kepada semua pemenang lomba dan untuk yang belum menang jangan berkecil hati, ya…

Atas kesuksesan acara kami, kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pihak sponsor yang telah mendukung acara kami, yaitu Cetiya Dhamma Manggala dan Telobag Indonesia. Tidak lupa juga kepada media partner yang telah mendukung acara kami, yaitu  Event Jakarta, Lamrimnesia, Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammasena, PT. Waspada Online, Info Event, Radio Untar, dan Buddhist Reborn.

Sampai jumpa di Festival Buddhis Nusantara 2023!

Felicia Zein Chang