Alasan Mengapa Anak Usia Dini Kecanduan Perangkat Elektronik Berbasis Gadget

Written By : Sherlina

Di zaman sekarang ini, teknologi sangat canggih dan digandrungi oleh banyak orang, tidak hanya orang dewasa tapi juga banyak anak-anak yang kecanduan gadget elektronik.

Banyak peneliti telah mengetahui bahwa anak-anak sering menghabiskan rata-rata waktu mereka untuk gadget. Mereka menghabiskan sebagian besar waktunya dalam aktivitas ini dan tidak memperhatikan postur tubuh, kecerahan layar, dan jarak layar dari mata mereka yang pada akhirnya mempengaruhi penglihatan dan kesehatan mereka. Dimana dalam wawancara dengan spesialis psikologi dalam sebuah artikel dijelaskan bahwa banyak anak Indonesia yang menderita gangguan jiwa akibat kecanduan perangkat mobile. Pasalnya, ada beberapa faktor yang membuat banyak anak kecanduan gadget.

Pertama, adalah penggunaan gadget untuk bermain game. Pada kategori penggunaan gadget oleh anak-anak, sebagian besar tujuannya adalah untuk bermain game berbasis online dan offline. Pasalnya, bermain game di gadget ini dirasa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Dalam permainan biasanya terdapat tujuan dan sasaran yang jelas dalam visi dan misi permainan, sehingga pemain akan terus berusaha untuk menang hingga akhir permainan, hal inilah yang membuat kebanyakan anak kecanduan gadget untuk bermain game. Namun dalam beberapa kasus, jika anak sangat kecanduan gadget maka akan sangat berbahaya dan merugikan, oleh karena itu cara menghindarinya adalah dengan tidak memberikan gadget kepada anak yang belum sesuai dengan usianya dengan menggunakan alat elektronik. Namun jika anak sudah terlanjur kecanduan game pada gadget dan memiliki perubahan sifat agresif dalam hal game, maka hal ini harus ditanggapi dengan serius dan segera dibawa ke psikolog agar bisa lepas dari kecanduan game pada gadget.

Kedua, penggunaan gadget yang berlebihan untuk media sosial. Saat ini gadget yang paling banyak digunakan adalah karena terpaku pada dunia maya, salah satunya adalah media sosial. Banyak acara yang digunakan untuk pamer atau memberikan informasi dalam kehidupan pribadi, sosial, dan lainnya yang biasanya disebarkan melalui media sosial. Penggunaan media sosial juga biasanya untuk mengetahui seberapa terkenal atau terkenalnya seseorang, sehingga kebanyakan orang melihat status sosial seseorang dari media sosialnya. Ini terjadi tidak hanya pada orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Tidak dapat dipungkiri, sebenarnya banyak anak yang sejak dini telah diperkenalkan penggunaan media sosial oleh orang tua atau keluarganya. Selain itu, penggunaan media sosial juga banyak diakses oleh pengguna internet dari seluruh dunia, dikhawatirkan dapat terjadi bullying, atau hal-hal negatif lainnya yang dapat menimpa siapa saja, termasuk anak-anak yang menggunakan media sosial. Oleh karena itu, bijak dalam mengontrol media sosial atau penggunaan alat elektronik pada anak usia dini merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh orang tua dalam memantau penggunaan media sosial.

Ketiga, adalah aplikasi menonton yang ada di perangkat elektronik. Ini sebenarnya tidak apa-apa bagi anak-anak jika untuk hal-hal yang positif dan terarah serta di bawah pengawasan orang tua. Jika langkah-langkah tersebut tidak dilakukan, dikhawatirkan akan merugikan anak-anak. Sehingga sebagai keluarga atau orang tua harus bijak dalam mengawasi dan memberikan tayangan yang bermanfaat bagi anak dan dalam waktu yang terbatas agar tidak membuat anak ketagihan untuk menggunakan aplikasi nonton ini.

Sehingga sebaiknya penggunaan media elektronik khususnya yang berbasis gadget oleh anak usia dini dibatasi dan dikendalikan oleh orang tua dan keluarga, agar anak dapat menggunakan alat elektronik ini untuk hal-hal yang berguna dan penting sehingga dapat menguntungkan. Oleh karena itu, faktor-faktor inilah yang harus diperhatikan agar anak usia dini tidak kecanduan perangkat elektronik berbasis gadget yang akan sangat merugikan.

References :

Sundus. (2018). Journal of Depress Anxiety.

https://www.longdom.org/open-access/the-impact-of-using-gadgets-on-children-2167-1044-1000296.pdf

Aprianus, Surya F. (2019). Indonesian Children Suffering from Gadget Addiction.

https://www.aa.com.tr/en/asia-pacific/indonesian-children-suffering-from-gadget-addiction/1657856

Sherlina