Tips Memilih Website Paling Efisien

Memilih website, entah itu untuk urusan bisnis, pribadi, pekerjaan maupun pekerjaan sosial dan non profit, merupakan tugas yang lain. Ketika Anda hendak memilih sebuah website, Anda tidak akan begitu saja memilih platform dan jenis website; entah Anda membuatnya sendiri atau meminta bantuan desainer, jenis dan desain adalah faktor yang harus dipertimbangkan. Desain website yang buruk bukan hanya akan merusak bisnis, namun juga akan memberi nama buruk pada usaha Anda atau minimal kurang kredibel. Bayangkan saat ini Anda sedang memulai suatu bisnis, atau mengalami masa dimana Anda harus mengembangkan sebuah bisnis, website yang bagus bisa memulai banyak perubahan. Berikut adalah beberapa langkah membuat dan memastikan website mantap serta berumur panjang, mengiringi bisnis Anda selama bertahun-tahun ke depan.

Memilih Platform Website Ideal

Platform untuk website ideal memiliki beberapa persyaratan; harus cukup kuat menampung jumlah trafik pengunjung ideal tanpa harus menyebabkan kekeliruan atau kesalahan dalam pelayanan. Dalam website bisnis dagang, misalnya, sebuah platform website minimal harus menyediakan keranjang belanja (shopping cart) modern agar pengunjung website baru bisa langsung belanja jika merasa ingin, dan langsung membayar dengan cara yang amat praktis. Selain itu, website juga hendaknya bisa dikelola dengan mudah dan memiliki hosting yang bisa diandalkan, sehingga aksesnya bisa selalu stabil.

Di jaman dimana semua orang membawa perangkat bergerak (mobile gadget), memiliki website yang punya fitur mobile sangat penting. Selain website untuk di komputer, Anda juga perlu membuat website yang bisa dilihat dengan nyaman di dalam perangkat, dengan kata lain memiliki fitur untuk dibaca dengan perangkat seperti ponsel. Hal ini penting terutama jika Anda ingin menyasar pelanggan yang aktif dan sering melakukan transaksi online lewat perangkatnya.

Akhirnya, Anda harus mengusahakan agar website memiliki platform hosting berkualitas, yang bisa menangani semua aktifitas di website tersebut tanpa harus terhambat. Jasa hosting terbaik memang memakan biaya yang lumayan, namun jika Anda memiliki rencana jangka panjang terhadap bisnis online tersebut atau ingin mengembangkan bisnis online, sebaiknya berinvestasi pada jasa hosting yang berkualitas dengan server pribadi, yang mungkin lebih memakan banyak uang namun dijamin membantu semua aktifitas website dengan lebih baik (termasuk memberi bandwidth besar dan membuat backup data untuk berjaga-jaga).