SPOT FOTO DI INDONESIA : RUMAH PENGASINGAN BUNG KARNO DI BENGKULU

Hi Klifoners🖤💛

Apakah kalian tahu bangunan apa ini? Yap Benar sekali, ini merupakan Rumah Pengasingan Presiden RI ke-1 yaitu Ir. Soekarno. Pada Rumah ini Ir.Soekarno menjalani hukuman pengasingan sebagai tahanan politik.Rumah ini berada di tengah Kota Bengkulu, tepatnya Jalan Soekarno Hatta ,Kelurahan Anggut, Kecamatan Gading Cempaka. Pada awalnya rumah tersebut merupakan rumah seorang pedagang Tionghoa yang bernama Lion Bwe Seng. Rumah itu disewa oleh pemerintah Belanda untuk menempatkan Ir. Soekarno selama diasingkan di Bengkulu.

Ir. Soekarno menempati tersebut sekitar 4 tahun atau dalam periode 1938-1942. Pada Rumah ini masih terdapat banyak barang peninggalan Ir. Soekarno. Terdapat ranjang besi yang pernah dipakai Ir. Soekarno serta keluarganya, koleksi buku yang rata-rata berbahasa Belanda, serta koleksi seragam gruo tonil Monte Carlo asuhan Ir. Soekarno semasa di kota Bengkulu.

Pada Rumah ini juga terdapat foto-foto Ir. Soekarno dan keluarganya yang menghiasi hamper sepanjang ruangan dan yang tidak kalah menarik adalah sepeda tua yang digunakan Ir. Soekarno pada saat pengasingan.

SALAM KLIK!