TIPS DALAM STREET PHOTOGRAPHY

Hi Klifoners!🖤💛

Tahukah Kalian Apa itu Street Photography?

Street Photography atau foto jalanan merupakan fotografi candid yang mengabadikan suatu momen disekitar kita. Dengan fotografi ini, kita bisa mendapatkan satu foto yang layak yang hanya berlangsung sepersekian detik. Selain itu, fotografi ini dapat melatih mata kita untuk memperhatikan detail terkecil, melatih kesabaran, serta memiliki komposisi yang tepat untuk menceritakan sebuah kisah.

Terdapat beberapa tips loh dalam melakukan Street Photography, yuk kita lihat secara seksama!

Jangan Takut untuk Memotong Foto

Pada foto di atas, dapat dilihat bahwasanya terdapat kantong plastik di bagian atas foto dan salah satu pembatas di sebelah kiri foto. Oleh karena itu, kita dapat memotongnya untuk dapat memperkuat komposisi serta memberikan lebih banyak fokus pada subjek, agar hasil foto dapat lebih baik karena telah menghilangkan gangguan yang ada.

Berikan Nama pada Foto

Foto yang mungkin menarik secara visual saja belum tentu cukup. Kita dapat membuat deskripsi untuk foto yang dapat mengubah makna secara drastis dan memberikan lebih banyak konteks kepada orang yang melihat foto kita. Tuangkan berbagai pemikiran pada foto kita, dan pandu orang yang melihat foto tersebut dengan menggunakan visual serta kata-kata. Hal ini merupakan alat yang lebih baik untuk menceritakan kisah pada foto tersebut.

Lihatlah Sesuatu yang Melampaui Kehidupan Sehari-hari

Jika kita melihat sekitar kita dengan mendetail atau memberi perhatian khusus, kita akan mendapatkan keindahan dari beberapa hal duniawi di luar sana. Karena seringkali kita cenderung melewatkan hal-hal yang kita temui, seperti kontruksi, trotoar, dan lainnya ketika berada di jalan. Misalnya, kita dapat mengambil foto salah satu dari sekelompok pekerja seperti pada foto di atas, yang cenderung melakukan perbaikan jalan. Untuk menceritakan sebuah kisah, tidak lupa kita dapat memberikan nama pada foto tersebut seperti “Keterkaitan”.

Coba dengan Sudut yang Lebih Rendah

Untuk memberikan perspektif yang berbeda dan berpotensi membuat foto dapat terlihat lebih dinamis, kita dapat mencoba berbagai sudut yang berbeda. Misalnya dengan menggunakan layar LCD buka-tutup seperti kamera Canon EOS M100 untuk memotret dari sudut bawah seperti pada foto di atas.

Pilih Peralatan dengan Bijaksana

Saat kita mencoba dan melatih diri untuk menjadi fotografer yang lebih baik, kita dapat melengkapi diri kita dengan peralatan kamera yang bagus. Hal ini dilakukan untuk dapat membantu kita menghasilkan foto dengan kualitas yang lebih baik, karena peralatan dan pandangan fotografer adalah suatu hal yang penting.

Wow wow.. tips di atas sangat membantu yaa untuk kita yang ingin melakukan Street Photography.. Siapa yang langsung buru-buru mau cobain tipsnya nih buat next hunting?🤩

 

Source:

snapshot.canon-asia.com