NUSANTARA: PHOTOGRAPHY EDITION

Hi Klifoners!🖤💛

Tahukah Kalian Potret apa ini?

Potret ini merupakan beberapa potret tarian Nusantara dari daerah yang berbeda, loh!

by selasar.com

Yang pertama terdapat potret pertunjukan tari piring yang merupakan tarian daerah dari Sumatra Barat. Hal yang menarik bagi fotografer ketika mengambil gambar tersebut adalah disaat para penari sedang mengayunkan piring di tangan mereka sambil mengikuti irama seperti pada potret tersebut. Adapun makna dari tari piring sendiri menurut cerita sejarah merupakan sebuah ritual yang dilakukan masyarakat setempat untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada para dewa atas hasil panen yang diperoleh.

by Etnis.id

Potret yang kedua merupakan Festival Erau yang berasal dari Tenggarong, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Festival ini merupakan sebuah festival tahunan yang dilaksanakan masyarakat setempat sebagai acara hiburan serta ritual di kerajaan Kutai, dengan menampilkan berbagai atraksi dan kegiatan. Salah satu tujuan fotografer mengambil gambar tersebut dikarenakan Festival Erau memiliki banyak cerita yang dapat dituangkan ke dalam foto.

by Cok Wisnu @Unsplash

Potret ketiga yang tidak kalah cantiknya yaitu potret yang menceritakan tentang 2 perempuan dari Bali, yang sedang membuat Tipat (seperti lontong). Tipat merupakan makanan khas yang berasal dari Asia Tenggara dengan berbahan dasar beras. Bungkus tipas sendiri terbuat dari Busung (anyaman daun Kelapa). Dengan foto tersebut, fotografer bisa mendapatkan berbagai cerita dari sudut pandang yang berbeda.

Ada sedikit tips nih untuk kalian yang ingin memotret orang, kalian bisa mencoba untuk berkomunikasi dengan mereka tanpa perlu malu-malu. Nah, bagi klifoners yang tertarik dengan hasil jepretan foto yang bertema Nusantara seperti potret-potret di atas, bisa banget loh untuk dicoba!

Reference:

Tari Piring. https://kemlu.go.id/kabul/id/read/tari-piring/418/information-sheet

Sahabat Lokal. (2018, 15 April). Kenali Yuk Festival Erau, Festival Tahunan Kebanggaan Masyarakat Kutai. https://www.adira.co.id/sahabatlokal/article_short/metalink/festival-erau

Tipat. https://sejarahharirayahindu.blogspot.com/2020/07/tipat.html

 

Rendy Kartomo (2502008662)

Jasmine Regina Pasha (2502011480)