TAHUKAH KAMU : SIAPA ORANG – ORANG YANG MEMPERKENALKAN KAWAH IJEN DI MATA DUNIA

Hi Klifoners🖤💛

Tahukah Kalian Potret apa ini?

Potret ini merupakan potret Kawah Ijen  yang berada di puncak Gunung Ijen di wilayah Kecamatan Licin, Kapubaten Banywangi dan Kecamatan Klobang.

Kawah Ijen Banyuwani ini mulai dikenal secara Internasional berkat jasa Katia dan Maurice Kraft, pasangan suami istri ahli vulkanologi dan geologi. Pasangan ini pernah melakukan penelitian yang cukup ekstrem, dimana keduanya melakukan pengarungan danau asam sulfat Kawah Ijen hanya dengan menggunakan perahu karet yang dapat mempertaruhkan nyawa sebab tingkat keasamannya dapat melarutkan kulit dan daging manusia dalam sekejap bila terkena. Pasangan yang dijuluki “Pengantin Gunung Berapi” ini merilis hasil penelitian mereka terhadap Kawah Ijen dalam buku yang berjudul “ A I’assaut des volcans, Islande, Indonesie” di tahun 1975.

Keindahan alam Kawah Ijen Banyuwangi memang menakjubkan. Dari puncak Ijen, selain terlihat panorama danau asam Kawah Ijen, pemandangan cantik kompleks pegunungan Ijen bisa Anda nikmati pula. Di sebelah timur terlihat puncak gunung Merapi, juga di sekitarnya terdapat gunung Suket, gunung Rante, gunung Raung, dan bentang alam lainnya yang megah mengesankan. Selain pemandangan kawah danaunya yang indah, satu hal yang sudah dikenal dunia adalah potensi blue fire Kawah Ijen. Ini adalah fenomena alam api berwarna biru yang terjadi karena keluarnya gas vulkanik yang mengandung belerang panas bersuhu 660 derajat celcius yang terbakar saat bersentuhan dengan udara. Fenomena blue fire Ijen ini hanya dapat dilihat pada malam hari.

Jika Klifoners ingin mengunjungi Kawah Ijen ini bisa pada pukul 03.00 – 04.00 karena akan terlihat fenomena yang telah disebutkan yaitu fenomena blue fire. Fenomena Blue fire tersebut bisa jadi objek yang bagus untuk jepretan kalian Klifoners.Kawah ijen ini merupakan salah satu panorama di Indonesia. Maka dari itu kita harus menjaga karya bumi pertiwi ini dan melambungkannya ke berbagai macam negara dengan hasil karya jepretan terbaik kalian Klifoners.

Reference :

https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/jawa-timur/kawah-ijen-petualangan-indah-banyuwangi-jawa-timur.html