TRADISI UNIK DI INDONESIA : MA’NENE DI TANAH TORAJA, SULAWESI SELATAN

Hi Klifoners🖤💛

Tahukah Kalian Potret apa ini?

Potret ini adalah potret ritual Ma’nene yang merupakan tradisi turun temurun dari daerah Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Di kalangan wisatawan dunia ataupun lokal Tana Toraja dikenal memiliki berbagai macam warisan budaya yang sangat kaya dan memiliki keunikan tersendiri. Di Kabupaten Toraja Utara ini terdapat tradisi unik yang perlu diketahui oleh khalayak ramai. Tradisi tersebut bernama Ma’Nene, begitulah nama ritual atau upacara itu dikenal. Tradisi Ma’nene merupakan cara masyarakat Toraja menghormati leluhur dengan membersihkan jasad para leluhur mereka yang sudah ratusan tahun meninggal dunia. Menurut mereka, roh mereka tidak pernah meninggalkan keluarga. Oleh karena itu, mereka memberikan tradisi mengeluarkan mereka dari kubur untuk mengganti pakaian dan pakaian orang yang meninggal.

Proses adat ini diawali dengan kunjungan dari keluarga ke lokasi pemakaman leluhur keluarga tersebut yang dinamakan Patane untuk mengambil jasad anggota keluarganya yang telah meniggal. Jasad yang tersimpan tersebut bisa mencapai ratusan tahun, karena diberi pengawet jenazah. Selanjutnya setelah jasad tersebut dikeluarkan dari kuburan, jasad tersebut dibersihkan. Pakaian yang dipakai pun digantikan dengan pakaian yang baru. Untuk jenazah pria akan dipakaikan setelan jas lengkap mulai dari atas sampai bawah tubuh, sedangkan untuk jasad wanitaa akan dikenakan setelan gaun pengantin yang indah dan baru. Setelah pakaian tersebut terpasanag, jasad akan dibungkus lalu dimasukin kembali ke Patane. Selanjutnya, akan ditutup dengan prosesi Sissemba. Sissemba ini adalah momen silahturahmi antara keluarga wilayah tersebut, yang dilakukan setelah makan Bersama. Makanan yang dihidangkan pun tidak boleh sembarangan disajikan, karena harus berasal dari sumbangan setiap keluarga leluhur. Biasanya ritual Ma’Nene dilakukan berbarengan dengan anggota keluarga atau bahkan satu desa.

Ritual Ma’nene ini biasanya diselenggarakan setelah panen raya pada bulan Agustus. Namun, ada juga yang melakukannya pada bulan September, setidaknya tiga kali setahun. Untuk Klifoners yang ingin mengabadikan momen pada ritual ini dalam bentuk potret foto ini, kalian  harus mengikuti segala aturan adat atau pantangan-pantangan yang dimiliki orang-orang Toraja tersebut dan kalian juga harus meminta izin pada tetua disana atau ketua adat yang ada di daerah tersebut agar kegiatan wisata dan memotret kalian aman dan menghasilkan potret yang bagus dan indah. Ritual ini cocok sekali untuk kalian yang suka sekali dengan potret yang bertema Cultural Photography.

Reference :

https://nationalgeographic.grid.id/read/131834324/manene-toraja-ritual-mayat-ratusan-tahun-berganti-pakaian