WISATA NUSANTARA PHOTOSPOT : CANDI CETHO

Hi Klifoners🖤💛

Tahukah Kalian Potret apa ini?

Potret ini merupakan potret Candi Cetho yang terletak di Karanganyar, Jawa Tengah, tepatnya di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jemawi.

Candi Cetho ini merupakan candi bercorak agama hindu dari peninggalan Kerajaan Majapahit yang terletak di ketinggian sekitar 1.496 meter di atas permukaan laut. Candi ini menjadi salah satu candi tertinggi di Indonesia Bersama dengan Candi Arjuna, Candi Gedong songo, dan Candi Ijo. Candi ini diperkirakan selesai dibangun sekitar tahun 1475 M. Hal tersebut dapat diketahui berdasarkan prasasti yang ditulis dengan huruf jawa kuno pada dinding gapura. Prasasti tersebut bertuliskan “Pelling padamel irikang buku tirtasunya hawakira ya hilang saka kalanya wiku goh anaut iku 1397” yang dapat diartikan sebagai peringatan pendiiran tempat untuk membebaskan diri dari kutukan pada tahun 1397 Saka (Dapat dikatakan bahwa pembangunan candi ini bertujuan untuk menghilangkan kutukan atau peruwutan pada masa kerajaan di tahun tersebut.).

Dikarenakan letak Candi Cetho ini di leeng Gunung Lawu, maka Candi Cetho ini mempunyai pemandangan yang indah serta udara yang sangat sejuk ditambah dengan hamparan kebun teh yang didominasi dengan warna hijau yang cerah. Dengan faktor tersebut banyak sekali wisatawan ataupun para fotografer yang ingin mengabadikan momen mereka dalam bentuk jepretan foto di tempat ini.

Candi Cetho ini cocok untuk kalian klifoners yang suka dengan hasil jepretan foto yang bertema Nature Photography atau Histotical Photography.

Reference :

Candi Cetho, Candi Peruwatan Agama Hindu