MingDe 22 Maret 2024

         Pada hari Jumat, 22 Maret 2024, KBMK BINUS University kembali mengadakan kegiatan Ming De yang berlokasi di BINUS University Kampus Anggrek di ruang kelas 403, yang diselenggarakan pada pukul 11.20 WIB. Pembicara dalam Ming De hari ini adalah Js. Aldi Destian Satya. Topik yang dibahas oleh beliau adalah “Bagua”.

       Pada awalnya, Js. Aldi mengenalkan bahwa Bagua atau Patkua merupakan fondasi pemikiran Tiongkok kuno tentang asal mula alam semesta dan keseimbangan Yin dan Yang, di mana arti kata ‘Ba‘ adalah ‘Delapan’ dan ‘Gua‘ adalah ‘Triagram’. Sejarah mencatat bahwa Bagua dipaparkan dalam Kitab Wu Jing, yakni kitab suci agama Khonghucu yang kuno. Dipercayai yang menciptakan Bagua adalah Raja Suci Fuxi, lalu disempurnakan oleh Nabi Kong Zi. Js. Aldi juga menjelaskan bahwa Bagua sangat berkaitan erat dengan Yin Yang, sebab Bagua memanfaatkan prinsip Yin dan Yang untuk menelaah dan memetakan aliran energi dalam kehidupan dan lingkungan sekitar. Topik ini ditutup dengan sesi tanya jawab oleh Js. Aldi dan peserta.

       Demikian news Ming De untuk minggu ini. Saya harap news kali ini dapat berguna untuk kalian semua. Shanzai! Sampai jumpa di Ming De selanjutnya.

Agnes