Hari Sembahyang Arwah Leluhur

Hari Sembahyang Arwah Leluhur ini merupakan hari dimana para umat agama Khonghucu melakukan persembahyangan kepada leluhur mereka yang telah tiada. Kegiatan ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur atas keberadaan mereka, terlebih para leluhur yang telah bersusah payah hidup di masa lampau. Apalagi dengan keberadaan merekalah, kita bisa hidup aman, tenang, damai, serta dapat tumbuh besar hingga kini.

(Sumber: http://surl.li/lcrlv)

Nah, jadi kapan sih hari sembahyang arwah leluhur itu dirayakan? 

Jadi berdasarkan penanggalan Imlek, hari sembahyang arwah leluhur itu dirayakan pada tanggal 15 bulan ke-7. 

Lalu, pada saat hari itu tiba, apa saja yang perlu kita lakukan?

(Sumber: https://rb.gy/5kjd3)

Selain kita melakukan persembahyangan kepada leluhur dengan altar yang sudah tersedia, kita juga dapat memberi bentuk apresiasi dan puji syukur kepada mereka dengan meletakkan berbagai jenis sajian seperti buah-buahan, kue, daging, dan masih banyak lagi. 

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita mengerti tentang ajaran-ajaran umat Khonghucu terutama adat istiadat dalam persembahyangan. Terlebih kita tidak hanya sembahyang kepada Tian, namun juga kepada para Shenming dan leluhur. Dengan melakukan hal-hal tersebut, itu bahkan sudah menjadi suatu bentuk ungkapan syukur yang dapat kita lakukan secara mudah kepada mereka semua. 

Referensi: 

Hayat, N. & Wuysang, J. (2022). Warga Tionghua di Pontianak gelar puncak perayaan Sembahyang Leluhur. Antara, Kantor Berita Indonesia. https://www.antaranews.com/berita/3054737/warga-tionghoa-di-pontianak-gelar-puncak-perayaan-sembahyang-leluhur#:~:text=Warga%20Tionghoa%20di%20Pontianak%20gelar%20puncak%20perayaan%20Sembahyang%20Leluhur,-Jumat%2C%2012%20Agustus&text=Pontianak%20(ANTARA)%20%2D%20Warga%20Tionghoa,bulan%207%20berdasarkan%20penanggalan%20Imlek

Ramadhian, N. (2020). Sembahyang arwah leluhur dalam budaya Tionghua, apa maknanya?. Kompas. https://travel.kompas.com/read/2020/01/22/220900127/sembahyang-arwah-leluhur-dalam-budaya-tionghoa-apa-maknanya-?page=all 

Vianny Sutanto