Mengenal Lebih Dalam Dewa Dewi Khonghucu

Untuk sebagian masyarakat umum pasti belum terlalu mengenal dewa dewi dalam agama Khonghucu. Berikut ini adalah penjelasan mengenai dewa dewi Khonghucu yang biasa sering didengar oleh masyarakat sekitar.

  1. Dewa Rejeki: Chai Shen Ye

Sumber: https://3.bp.blogspot.com/-ZWSEKFo1oHI/VI24wfMJfdI/AAAAAAAAAsI/X_7szfXHBpE/s1600/2107876_161226043_2.jpg

Dewa rejeki Chai Shen Ye memiliki tugas memberikan harta kepada umat Khonghucu. Kita akan sering melihat patung dan simbol dewa rejeki ketika hari-hari perayaan besar seperti tahun baru imlek. Hal ini dilakukan umat Khonghucu dengan anggapan bahwa rejeki mereka akan mengalir. Dewa Chai Sen Ye banyak dicari oleh umat agama Khonghucu dikarenakan keperluan manusia yaitu uang. Beberapa nama dewa rejeki diantaranya Zhao Gong Ming, Wu Lu Cai Shen, Fu de Zheng Shen, Cai Bo Xing Jun, Fan Li, dan Bi Gan.

  1. Dewa Perang: Guang Gong

Sumber: https://tse3.mm.bing.net/th?id=OIP.muHpjJa05s1w0S0Fj-V6PwHaJY&pid=Api&P=0 

Dewa Perang Guang Gong adalah dewa panglima perang pada zaman Kaisar Han. Dewa Guang Gong digambarkan memiliki tubuh besar, gagah, memakai pakaian panglima bermotif naga dengan warna dasar hijau, dan kepalanya dihiasi mahkota panglima perang. Dewa Guang Gong sangat terkenal dikarenakan beliau adalah dewa yang terkenal sangat loyal terhadap kaisarnya, beliau juga menjadi penyatu kultur masyarakat Tiongkok.

  1. Dewa Dapur: Zao Jun

Sumber : https://i.pinimg.com/564x/3f/94/3c/3f943c0ec1fc9fba14a801889c19110e.jpg 

Dewa Dapur Zao Jun adalah dewa yang memiliki tugas mencatat segala amal perbuatan umat Khonghucu. Menjelang akhir tahun, umat Khonghucu akan melakukan peribadatan dalam rangka mengantar Dewa Zao Jun memberikan catatan amalan manusia  kepada Tuhan.

  1. Dewa Jodoh: Yue Lao

Sumber : https://starkristal.com/wp-content/uploads/2020/04/Dewa-jodoh-cina.jpg 

Yue Lao adalah dewa jodoh yang memiliki tugas mengatur jodoh tiap manusia di bumi ini. Dewa jodoh Yue Lao digambarkan sebagai lelaki tua berwajah lembut dan  berjenggot putih di dagunya. Cara penentuan jodohnya adalah dengan pemasangan benang merah pada laki-laki dan perempuan oleh dewa Yue Lao yang turun ke bumi yang mana penempatan benang merah ada di kakinya dan tidak dapat dilihat oleh makhluk bumi.

  1. Dewi Welas Asih: Kwan Im

Sumber : https://i.pinimg.com/564x/b0/3f/4f/b03f4f40a28aeada8c0ddc4110b281a2.jpg 

Dewi welas asih Kwan Im digambarkan sebagai sosok perempuan cantik memakai jubah putih dan berdiri diatas bunga lotus dengan  memegang  ranting pohon willow dan vas berisi air suci. Disebut sebagai Dewi Welas Asih dikarenakan beliau mendengar semua keluh kesah dari penderitaan umat manusia.

Referensi:

Gilbert, R. (2021, January 22). Nama Dewa Konghucu yang Cukup Banyak di Sembah! zeuslazer.com. http://zeuslazer.com/dewa-konghucu/ 

Natasya, N. I. (n.d.). 8 Nama Dewa Dewi Konghucu yang Banyak di Sembah. Haloedukasi. https://haloedukasi.com/dewa-dewi-konghucu 

Diven Vixciuson