Makna Huruf 福 (Fú) yang Ditempel saat Perayaan Tahun Baru Imlek

Sumber: https://uktitb.files.wordpress.com/2018/03/hanzi.png

Huruf 福 (fú) adalah huruf yang tidak jarang kita jumpai di rumah-rumah orang beretnis Tionghoa. Dekorasi huruf 福 (fú) menjadi salah satu dekorasi yang banyak digunakan saat perayaan Tahun Baru Imlek. Biasanya, setiap Tahun Baru Imlek, orang Tionghoa menempelkan huruf 福 (fú), baik di pintu rumah, dinding, atau di daun pintu. Tradisi ini adalah tradisi yang sudah lama beredar. Namun, walaupun sering melihat huruf tersebut, masih banyak yang tidak mengetahui makna dari huruf 福 (fú). Bagaimana dengan kalian? Tahukah kalian makna dari huruf 福 (fú)? Berikut ini sedikit penjelasan singkat mengenai huruf 福 (fú).

Huruf 福 (fú) memiliki arti keberuntungan atau good fortune.

Budaya menulis huruf 福 (fú) sudah dikenal sejak zaman dinasti 宋 (song), ribuan tahun yang lalu. Huruf 福 (fú) awalnya memiliki maksud yaitu berdoa. Namun, seiring berjalannya waktu, maknanya pun mulai berubah. Huruf 福 (fú) pada saat ini mempunyai makna panjang umur (壽 shòu), kemakmuran (富 fù), kesehatan (康寧 kāng níng), dan kebajikan (德 dé).

Saat ini huruf  福 (fú) dapat diartikan sebagai kebahagiaan, tetapi dulu  福 (fú) berarti keberuntungan, kemujuran (福气 / fuqi / hoki). Orang-orang menempel huruf 福 (fú) pada Tahun Baru Imlek dengan harapan kehidupan yang bahagia dan masa depan yang cerah.

Demi lebih mewujudkan harapan ini, di kalangan masyarakat juga muncul tradisi menempelkan huruf 福 (fú) dalam posisi terbalik. Huruf 福 (fú) dalam posisi terbalik ini menunjukkan fu 倒 (dao / terbalik) yang menyatakan fu 到 (dao / tiba) yang memiliki arti bahwa kemujuran telah tiba.

Referensi:

Beni, M. S. (Ed.). (2019, February 4). Sejarah Huruf Fu yang Ditempel di Dinding Saat Perayaan Imlek, Berawal dari Kemarahan Raja. TribunSumsel.com. Retrieved September 3, 2022, from https://sumsel.tribunnews.com/2019/02/04/sejarah-huruf-fu-yang-ditempel-di-dinding-saat-perayaan-imlek-berawal-dari-kemarahan-raja?page=all

Lupita. (2021, February 13). Sejarah dan Makna Dekorasi Huruf (fú) Saat Tahun Baru Imlek. Bolong. Retrieved September 3, 2022, from https://bolong.id/lp/0221/sejarah-dan-makna-dekorasi-huruf-f-saat-tahun-baru-imlek

Yuliani