Mingde, Jumat 16 Desember 2022

Topic : Sembahyang Dongzhi ( ronde )

Pembicara : Ko Aldi.

 

Pada tanggal 16 Desember 2022, KBMK Binus University melakukan kegiatan Ming De atau Kelas Kebajikan. Mingde kali ini membahas tentang “Dongzhi festival ”. Dalam pembahasan Ming De kali ini, kita telah membahas tentang apa itu Dongzhi Festival, sejarah serta macam-macam pemahaman terkait sembahyang Dong zhi (ronde). Untuk membahas topik ini, KBMK Binus mengundang Ko Aldi untuk menjelaskan materi seputar persembahyangan Dong zhi.

 

Menjelang akhir tahun sesudah

Masehi, dalam perhitungan kalender Kongzili yang menggunakan kombinasi perhitungan peredaran bulan mengelilingi bumi dan peredaran bumi mengelilingi matahari, tepat saat matahari berada di 23.5° LS, kita memasuki satu titik diantara 24 titik cuaca atau jieqi.

 

Pada saat inilah pada zaman dinasti Zhou (1066 SM-221 SM) tahun baru dilaksanakan, sehingga tak heran tradisi

sembahyang orang berkumpul

melakukan perjamuan makan besar untuk merayakan Dong zhi sebagai hari tahun baru (ketika itu) yang tradisinya masih ada hingga kini bagi mereka yang masih mengikuti tradisi tersebut, dengan istilah sebutan sembahyang ronde.

 

Akan tetapi terkadang, para umat sering salah kaprah bila dikatakan orang-orang saling memberi selamat saat Dong zhi karena telah berhasil melewati musim yang paling dingin dan sinar matahari menguat kembali, karena saat Dong zhi justru musim dingin sedang berada pada puncaknya.

 

Festival Dong zhi sendiri, oleh masyarakat tionghoa dianggap sebagai hari terakhir masa panen. Dimana dalam hari tersebut, banyak keluarga yang merayakan dengan berkumpul bersama sambil menyantap tangyuan (ronde) yang dibuat dari tepung beras dengan kuah manis. Dalam perlambangan nya, wedang ronde di lambangkan sebagai salah satu bentuk makanan yang cocok untuk dihidangkan dalam musim dingin.

 

Seluruh peserta dalam sesi Ming De hari ini mendapatkan banyak sekali pengetahuan terkait festival Dong zhi. Dimulai dari kaitan makan ronde terhadap seorang keluarga yang sedang berkabung, serta hubungan dan makna warna yang berada di dalam makanan ronde ( tang yuan) sampai dengan kaitan cuaca yang sering kali diperdebatkan oleh para umat khonghucu antara upacara Dong zhi dengan hari raya besar Imlek. Sampai jumpa di Mingde selanjutnya teman teman.

 

Berikut adalah dokumentasi acara Mingde pada tanggal 16 Desember 2022: