Imlek Identik Dengan Jeruk ?

Source : https://pin.it/2JzXkc2

 

Jeruk adalah salah satu buah yang wajib ada saat perayaan imlek, selain kue keranjang jeruk juga memiliki peran penting dalam peletakannya, yaitu sebagai simbol “Ong” atau keberuntungan. Dalam bahasa mandarin jeruk disebut dengan Chi Zhe, dimana “Chi” yang berarti rezeki dan “Zhe” berarti buah. Jika kata ini disatukan maka akan diartikan sebagai buah rezeki atau buah yang memiliki keberuntungan.

Jeruk yang digunakan saat imlek juga harus dipilih, biasanya umat Tionghoa akan menggunakan jeruk yang berwarna oren menuju keemasan. Mengapa demikian? Karena warna emas sendiri berarti “Ong” atau berlimpah keberuntungan. Maka dari hal tersebut, jeruk yang digunakan cenderung jeruk Mandarin.

Source : Jawapos.com          

Pada dahulu kala, jeruk hanya ada dan disediakan kepada pejabat-pejabat pada masa kerajaan Tionghoa. Namun kini, semua masyarakat sudah dapat menikmati rasa dari jeruk ini. Rasa dari jeruk sendiri memiliki arti, karena rasa jeruk ada asam dan manis, ini diartikan bahwa dalam kehidupan pasti memiliki masa yang sulit dan indah. Imlek adalah perayaan yang tepat saat musim semi tiba, maka diartikan juga sebagai Perayaan Musim Semi, saat musin semi semua tumbuhan akan bermekaran dan tumbuh, termasuk buah jeruk. Jadi karena sedang musim dan memiliki arti yang dalam, maka jeruk bisa ada ditiap perayaan imlek.

Penulis : Josan (10/06/2022)

RESOURCE :

Hanna, Y. (2018, Februari 14). Bobo.id. Dipetik Juni 10, 2022, dari Apa Makna Jeruk Mandarin dalam Perayaan Tahun Baru Imlek?: https://bobo.grid.id/read/08681029/apa-makna-jeruk-mandarin-dalam-perayaan-tahun-baru-imlek?page=all

Virdhani, M. H. (2020, Januari 25). JawaPos.com. Dipetik Juni 10, 2022, dari Alasan Wajib Sedia Jeruk Mandarin Saat Perayaan Tahun Baru Imlek: https://www.jawapos.com/lifestyle/25/01/2020/alasan-wajib-sedia-jeruk-mandarin-saat-perayaan-tahun-baru-imlek/