Bakso Ikan, Permintaan Khusus Kaisar Qin Shi Huang

Sumber: https://sajiansedap.grid.id/read/101835189/tips-membuat-bakso-ikan-supaya-kenyal-tanpa-boraks-ini-dia-5-kuncinya?page=all

Pada dasarnya, bakso ikan merupakan makanan berbahan dasar daging ikan—tentunya—yang dilumat bersama tepung sagu dan sejumlah bumbu dapur lainnya, lalu direbus berbentuk bulat-bulat. Namun, tahukah Anda kalau penemuan hidangan bakso ikan sendiri berangkat dari titah kaisar pertama Tiongkok yang terkenal dengan kebijaksanaan pembangunan Tembok Raksasa kepada para juru masaknya?

Adalah Qin Shi Huang, seorang kaisar pemersatu kerajaan-kerajaan di Tiongkok kuno yang dikenal hobi makan ikan tetapi benci terhadap tulang-tulangnya. Singkat cerita, menurut catatan sejarah, Kaisar Qin memerintahkan segenap koki-kokinya untuk menyajikan hidangan ikan tanpa tulang satu pun. Apabila masih didapati tulang, maka para koki harus bertanggung jawab dengan rela dieksekusi mati.

Alhasil, perintah mutlak tersebut sempurna membuat para koki stres dan putus asa. Hingga suatu hari, salah seorang koki dengan frustasi menggunakan pisaunya untuk mencincang habis ikan. Tidak lama, ia lantas menyadari bahwa perbuatannya barusan telah memudahkannya untuk melucuti semua tulang, tetapi di satu sisi ikannya jadi tidak berbentuk.

Kepalang panik ketika panggilan untuk segera menyajikan makanan kepada sang kaisar tiba, serta-merta koki tersebut meremas daging ikan yang sudah tidak berbentuk tadi menjadi bulat-bulat dan mencemplungkannya ke dalam panci kuah sup yang sedang mendidih. Mau tidak mau, ia kemudian menyajikan sup dengan bola-bola ikan di dalamnya tersebut.

Namun, siapa sangka, ternyata Kaisar Qin amat menyukai hidangan tersebut dan resep bola-bola daging ikan ini pun tersebar luas ke seluruh daratan Tiongkok.

Referensi

ALL YOUR QUESTIONS ABOUT HOMEMADE FISH BALLS ANSWERED. (2018, December 2). Dish The Fish. Retrieved June 19, 2022, from https://www.dishthefish.com.sg/blogs/news/about-homemade-fishballs

Anna. (2016, March 11). Yú Wán – Fish Ball – 鱼丸. MOVABLE FEASTS. Retrieved June 19, 2022, from https://sh-streetfood.org/yu-wan-fish-ball-%E9%B1%BC%E4%B8%B8/