TREND TEKNOLOGI DI MASA DEPAN

Melita Azzahra

2201790790

Seiring dengan perkembangnya kebutuhan manusia, teknologi pun harus dikembangkan juga. Teknologi yang dikembangkan harus sesuai juga dengan kebutuhan para pengguna. Beberapa teknologi yang sedang dikembangkan oleh para developer salah satunya adalah teknologi yang menggunakan sensor mata dan tubuh.

Salah satu teknologi yang sedang berkembang adalah Social gaming. Social gaming adalah sebuah platform dalam bermain games secara online yang dapat dimainkan melalui Login ke sebuah laman social media. Para pemain dapat bertukar pesan secara langsung. Games tersebut dapat langsung terhubung ke social media sehingga scrore yang diraih oleh pemain akan langsung terpapar di timeline social media mereka. Contoh games tersebut adalah Farmville yang dapat dimainkan di facebook.

Kemudian teknologi yang sedang dikembangkan juga seperti body motion sensor. Cara memainkan games tersebut adalah dengan menggerakkan beberapa anggota tubuh seperti tangan sampai dengan sensor mata. Alat permainan akan memproses sinkronasi gerakan pemain dengan yang ada di games. Jika gerakan antara pemain dengan sensor sesuai maka pemain akan mendapatkan point.

Selain itu teknologi yang sedang berkembang lainnya yaitu augmented reality. Games ini menghubungkan antara dunia nyata dengan dunia maya. Mode games ini membuat para gamers akan menjadi lebih aktif di dunia nyata maupun di dunia maya.mode permainan ini seperti pokemon go, yang membuat para pengguna keluar dari rumah untuk mencari pokemon. Sehingga membuat para penggunanya lebih aktif.

Kemudian selain dalam games, banyak dikembangkan mobile payment. Teknologi ini sangat memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi pembayaran. Membuat hal menjadi lebih simple, pengguna tidak butuh membawa domper atau uang cash saat berpergian. Cukuip menggunakan mobile phone nya semua pembayaran dapat dilakukan secara cepat dan mudah. Contohnya adalah pembayaran menggunakan gopay, dana, maupun ovo. Cukup menscan barcode dan memasukkan oin, pengguna langsung dapat menikmati barang yang ia inginkan.

Seiring dengan berkembangnya di teknologi harus dibarengi dengan pemakaian yang bijak oleh para pengguna. Pengguna harus menggunakan dengan sebijak mungkin sehingga teknologi yang berkembang dapat bekerjja dengan baik. Penyalahgunaan teknologi juga akan mendapatkan hukuman pidana, maka para pengguna harus bijak dalam menyikapi perkembangan teknologi.

Resource :

http://si.ittelkom-pwt.ac.id/2018/03/03/perkembangan-teknologi-informasi-masa-kini/