Introduction to Hospitality – Front Office and Housekeeping

Pada pembelajaran semester satu jurusan Hotel Management di Binus University, terdapat dua mata kuliah praktik yang dipelajari oleh mahasiswa perhotelan yaitu Front Office dan Housekeeping. Kedua mata kuliah ini menjadi dasar yang sangat penting bagi calon hotelier karena Front Office dan Housekeeping merupakan dua departemen dalam hotel yang langsung melayani kebutuhan tamu.

Front Office merupakan departemen hotel yang menjadi tujuan pertama bagi tamu ketika pertama kali tiba di hotel. Front office memiliki tanggung jawab seperti membantu proses check-in dan check-out tamu, memberikan kesan yang memorable bagi tamu dan menangani masalah serta keluhan tamu. Dalam mata kuliah ini, setiap mahasiswa diajarkan bagaimana menyapa tamu dengan ramah, melakukan check-in dan menginput data tamu ke dalam sistem opera, menerima reservasi, menghitung revenue dan menjadi pelayanan informasi ketika tamu membutuhkan sesuatu.

Sementara itu, Housekeeping adalah bagian dari departemen hotel yang bertanggung jawab mengelola kebersihan hotel. Pada mata kuliah ini mahasiswa diajarkan mengenai tata cara pembersihan, jenis-jenis chemical yang digunakan dalam pembersihkan beserta cara penggunaanya, pengelolaan linen dan bagaimana cara making bed yang tepat sesuai standar hotel.

Dapat disimpulkan bahwa, mata kuliah Front Office dan Housekeeping adalah aspek yang penting dalam dunia perhotelan yang sangat berguna bagi mahasiswa hotel management agar kedepannya dapat memberikan pelayanan yang maksimal, memenuhi kebutuhan tamu dan dapat menjaga reputasi hotel dengan baik di mata masyarakat.