Hotel Management Competition

Pada hari Sabtu tanggal 9 Maret 2024, Himpunan Mahasiswa Hotel Management (HOME) membuka semester baru dengan program kerja pertamanya, yaitu “Hotel Management Competition”. Acara ini merupakan kegiatan lomba yang bertujuan untuk mempertemukan mahasiswa dari berbagai jurusan dan angkatan. Kegiatan bertema Cherry Blossom ini dibagi menjadi 3 kategori, yaitu Kitchen Competition, Mocktail Competition, dan Pastry Competition. Untuk kategori Kitchen, peserta dilombakan dalam kelompok yang terdiri atas 2-3 peserta. Sedangkan untuk kategori Pastry dan Mocktail, peserta berpartisipasi secara individu. Untuk tema Cherry Blossom sendiri terinspirasi dari fenomena musim sakura yang terjadi pada bulan Maret hingga awal April di Korea Selatan. Oleh karena itu, seluruh rangkaian lomba kami bertemakan Cherry Blossom dan Korea Selatan. Kegiatan kami dimulai pada pukul 10.00 dan dibuka oleh sambutan dari MC serta pengarahan setiap partisipan kepada PIC lombanya masing-masing.

Untuk kategori Pastry, para peserta diarahkan menuju ruang coklat dan diberikan waktu untuk mempersiapkan alat dan bahan yang telah mereka bawa. Setiap peserta diberikan kebebasan untuk mendekor cupcake yang telah disediakan selama 30 menit. Setelah selesai, mereka membersihkan peralatan yang digunakan, lalu melanjutkan rangkaian kegiatan yaitu presentasi hasil dekorasi kepada sang juri, Chef Dianka.

Untuk lomba kitchen, para peserta diarahkan menuju lab kitchen dan segera diposisikan ke dalam kelompok masing-masing. Mereka pun disambut dan diberi briefing singkat oleh sang juri yaitu Chef Farah. Lomba kitchen kami memiliki suatu challenge, dimana setiap anggota bergantian memasak dan masing-masing diberikan waktu 15 menit sebelum melanjutkan pertukaran ke anggota selanjutnya. Total waktu yang diberikan untuk setiap kelompok merupakan 45 menit. Setelah selesai, mereka pun membersihkan peralatan dan kitchen station mereka. Kemudian melanjutkan kegiatan dengan sesi presentasi hidangan kepada juri.

Untuk lomba mocktail, peserta diarahkan menuju ruang restaurant untuk segera mempersiapkan peralatan mereka. Setelah membuat minuman, mereka pun mempresentasikan hasil yang telah dibuat. Setelah keseluruhan kegiatan lomba selesai, acara pun ditutup dengan ucapan terima kasih dari penanggung jawab kegiatan dan pengumuman pemenang.

Berikut Beberapa foto dokumentasi dari para peserta lomba dan hasil kreasi dari lomba tsb.

Bernike Magdalena Mulyadi - 2702241692