Molecular Gastronomy

Pada tanggal 11 Maret 2013 lalu, White Army Cooking Club telah menyelenggarakan seminar Molecular Gastronomy “Exploiting Food with Science” bersama Executive Sous Chef dari Grand Hyatt, Chef Philip J. N. Walasary. Acara ini dibuka untuk mahasiswa Hotel Management BINUS, dan diadakan di Laboratorium Resturant Binus Anggrek.
600294_10200761988560886_1612007107_n2
Acara ini diawali dengan kata pembuka dari ketua White Army Cooking Club Binus, Okkie Setiawan. Setelah itu dilanjutkan dengan seminar yang diberikan oleh Chef Philip sendiri. Chef Philip bahkan membuatkan printout dari presentasi buatannya sendiri untuk dijelaskan kepada para peserta, yang berisikan tentang penjelasan mengenai Molecular Gastronomy secara teoritis.
582514_10200761994481034_724240616_n3

Setelah seminar selesai pun, para peserta diajak untuk masuk ke dalam kitchen BINUS untuk melihat demo masak langsung dari Chef Philip. Dengan menggunakan cara dan peralatan Molecular Gastronomy, Chef Philip pun mulai menunjukkan keahliannya. Makanan pertama yang ia masak sebagai appetizer adalah Scallop dengan caviar yang dibuat dari ekstrak bayam. Dan main course yang dibuat beliau adalah Sirloin steak. Beliau membuat main course ini sekaligus mengajarkan kepada para peserta mengenai bagaimana cara memasak kematangan daging yang pas seperti rare, medium rare, medium well, dan well done.
4

Kemudian, setelah Chef Philip selesai masak dan menghidangkan kedua makanan tersebut, para peserta dipersilahkan untuk mencicipi karyanya tersebut. Setelah itu, para peserta kembali ke Restaurant dan diadakan sesi tanya jawab bersama beliau. Dan kemudian acara pun ditutup dengan penutupan oleh Chef Reno.

Gathering

Para Binusian hotelier merasa sangat beruntung atas kesempatan dan kedatangan dari Chef Philip, yang rela meluangkan waktunya untuk membagikan ilmunya kepada kami. Untuk itu, kami anggota dari Cooking Club Binus, ingin mengucapkan terima kasih kepada para peserta, dosen, dan terlebih Chef Philip J. N. Walasary.