Pengaruh Era Industri 4.0 bagi Penjualan Ultra Milk
Susu merupakan kebutuhan yang diperlukan untuk semua orang untuk kelengkapan gizi yang memiliki banyak sekali manfaat dan kandungan di dalamnya, yaitu fosfor yang mempunyai manfaat untuk fungsi sel saraf dan jantung. Kandungan yang dimiliki susu selain fosfor adalah vitamin B12 yang bermanfaat sebagai proses pembentukan sel darah merah, lalu asam amino senyawa berfungsi membuat protein di dalam tubuh. Produk susu yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia yaitu produk Ultra Milk dari PT Ultrajaya yang memproduksi beberapa macam produk susu. PT Ultrajaya menggunakan teknologi digital elektronik atau yang bisa dikenal dengan e–commerce untuk menjual dan melakukan promosi terhadap penjualan produknya yaitu ultra milk.
E-commerce atau electronic commerce merupakan sebuah teknologi digital atau tempat jual beli dan transaksi menggunakan teknologi berbasis internet. E-commerce merupakan sebuah platform yang sangat membantu meningkatkan penjualan dan proses jual beli produk pedagang, perusahaan, ataupun UMKM dalam transaksi produk. E-commerce membantu penjualan dikarenakan adanya pengiklanan terhadap produk, meminimalisir biaya, fleksibel, dan etalase toko yang rapi sehingga memudahkan pembeli memilih barang yang dibutuhkan. Sehingga kemudahan yang disajikan oleh e-commerce membantu meningkatkan penjualan produk contoh seperti produk dari PT Ultrajaya yaitu Ultra Milk yang meningkatkan jumlah jual produk susu per tahunnya pada tahun 2022 Ultra Milk meraih total penjualan sebesar 105,8 juta dengan sales quantity 7,2 ribu. Hal tersebut dapat terjadi karena PT Ultrajaya menerapkan strategi STP atau dikenal dengan segmentation targeting positioning dalam penjualan produk mereka baik di e-commerce ataupun toko resmi.
E-commerce merupakan sebuah platform yang sangat membantu kegiatan jual beli secara online sehingga konsumen atau pelanggan tidak perlu datang ke toko fisik secara langsung, dengan e-commerce barang akan langsung sampai ke rumah konsumen. Oleh karena itu, PT Ultrajaya memanfaatkan platform e-commerce untuk penjualan produk susu mereka untuk memenuhi kebutuhan nutrisi masyarakat indonesia dan juga berhasil meningkatkan penjualan serta penerapan strategi kepada konsumen.
Sumber :
Cahyaningrum, S. Y. (2023, Juni 2). Nusantara. Retrieved from Kompas.id: https://www.kompas.id/baca/nusantara/2023/06/01/mengejar-kemandirian-industri-susu-nasional
Putri, S. R., & Amalita, N. (2020). Pengelompokan Merek Susu Ultra High Tempherature
Berdasarkan Kemiripan Kandungan Gizi Menggunakan Analisis Biplot. Journal of Mathematics UNP, 5(1).