Industri Pangan yang Semakin Berkembang

(Sumber: 002593700_1553593764-4.jpg (640×360) (akamaized.net) )

Industri pangan merupakan salah satu bidang industri yang berkembang pesat di Indonesia saat ini. Industri pangan sendiri mencakup berbagai industri, seperti katering, pengolahan makanan, pendistribusian makanan, dan lain sebagainya. Inovasi pangan yang ada di Indonesia saat ini mulai bertambah banyak, dimulai dengan munculnya berbagai restoran yang menarik bagi masyarakat Indonesia hingga para pemilik bisnis UMKM dan rumahan yang membuka industri makanan secara kecil-kecilan. Tidak hanya itu, saat ini seringkali kita melihat bahwa ada banyak mahasiswa dari berbagai universitas yang mencoba untuk menjual makanan buatan mereka kepada masyarakat umum. 

Berkembangnya industri pangan yang ada di Indonesia tentunya membawa berbagai dampak baik bagi negara kita, seperti memperluas tenaga kerja, menjadi subsidi bagi pendapatan negara, juga meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, munculnya berbagai inovasi dari industri makanan ini juga dapat meningkatkan kreativitas masyarakat dalam menciptakan makanan baru yang menarik, serta diharapkan dapat berkembang setiap saat. Industri pangan yang berkembang ini pun diharapkan nantinya dapat merambat sampai ke luar negeri sebagai barang ekspor, sehingga pasarnya dapat diperluas hingga pasar global. 

Menanggapi perkembangan industri pangan yang pesat ini, seharusnya pemerintah dapat mendukung perkembangan industri yang ada. Berbagai cara dapat dilakukan oleh pemerintah, seperti mendorong subsidi kepada masyarakat agar dapat memajukan industri pangan dari UMKM. Selain dapat meningkatkan inovasi masyarakat, perkembangan UMKM juga diperlukan untuk bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. Selain itu, peran dari BPOM juga diperlukan untuk melakukan pemeriksaan serta tindakan terhadap berbagai industri pangan baru. Hal ini dilakukan demi menjaga keamanan suatu produk makanan, agar aman dikonsumsi oleh masyarakat luas. 

References

Fadil, V. (2017). Perkembangan Industri Pangan di Indonesia Pesat. Retrieved from https://www.wartaekonomi.co.id/read140016/perkembangan-industri-pangan-di-indonesia-pesat

Kementerian Perindustrian. (2017). Industri Makanan dan Minuman Masih Jadi Andalan. Retrieved from https://kemenperin.go.id/artikel/18465/Industri-Makanan-dan-Minuman-Masih-Jadi-Andalan

Tsania Qurrota Aini