Bagaimana Dampak Revolusi Industri 4.0 Terhadap Bidang Pertanian di Indonesia?

Sumber:(https://assets-a1.kompasiana.com/items/album/2019/08/30/103323948-smart-farming-4-0-hi-tech-agriculture-conceptual-drone-ai-automatic-5d69260e0d82303f8a425a73.jpg)

Vaness Devlin

2440063776

Penerapan Revolusi Industri 4.0 di Bidang Pertanian

Revolusi industri 4.0 merupakan era yang memanfaatkan berbagai macam teknologi yang dapat tersambung dengan jaringan internet. Penerapan revolusi industri sudah banyak terjadi di berbagai bidang, seperti bidang pendidikan, bisnis, pertanian, dll. Bagaimana dampak revolusi industri 4.0 di bidang pertanian? Mari kita bahas di artikel ini.

Saat ini, pemerintah sudah mengupayakan sektor pertanian di Indonesia siap untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Upaya-upaya yang dilakukan adalah membuat aplikasi-aplikasi yang berbasis daring seperti, Smart Green House, Smart Irrigation, Autonomous Tractor, Smart Farming, dll. Aplikasi-aplikasi tersebut dinilai sangat memudahkan para petani untuk mengolah lahan pertaniannya karena efisiensi yang diberikan untuk meningkatkan produksi di sektor pertanian. Pemerintah sedang mencoba untuk mengembangkan inovasi-inovasi yang ada di bidang pertanian seperti drone untuk mengecek unsur hara di tanah, robot grafting, dll. Jika inovasi-inovasi tersebut berhasil dikembangkan dan didistribusikan, produktivitas para petani di Indonesia pastinya akan meningkat.

Perkembangan revolusi industri 4.0 di bidang pertanian sangatlah menjanjikan. Manfaat-manfaat yang diberikan dalam penerapan dan penggunaannya ialah peningkatan produktivitas dan efisiensi dalam pengolahan lahan pertanian, walaupun masih ada berbagai faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi kesuksesan revolusi industri 4.0 di sektor pertanian, seperti sumber daya manusia serta biaya yang mendukung. Oleh karena itu, dampak yang dihasilkan dari revolusi industri 4.0 di sektor pertanian sudah sangat menjanjikan dan hanya perlu mendapatkan dukungan dari pemerintah dan sumber daya manusianya dalam pengaplikasiannya.

Sumber:

Pramudita, A. A. (2019, 5 2). Sektor Pertanian di Era Revolusi Industri 4.0 . Retrieved from https://www.kompasiana.com/agathaavina/5ccac122ef9f6f759d2125dd/sektor-pertanian-di-era-revolusi-industri-4-0

Vaness Devlin