Industri dalam Dunia Fashion

Sumber: https://www.bbc.com/news/business-51500682

Dunia Industri Fashion

Industri merupakan proses pengolahan suatu bahan menjadi bahan yang memiliki nilai lebih tinggi dari sebelumnya. Kegiatan industri ini bergerak dalam banyak bidang, seperti pada bidang industri kreatif dengan salah satu contoh dari industri kreatif adalah fashion. Fashion sendiri memiliki arti yaitu gaya atau cara berpakaian yang sedang populer di waktu atau musim tertentu. Trend yang ada pada waktu atau musim tertentu memiliki dampak yang sangat besar di dunia fashion karena dapat mengubah gaya berpakaian seseorang pada saat itu. Pengertian dari industri dan fashion ini dapat digabungkan menjadi industri fashion. Industri fashion adalah proses pembuatan suatu gaya berpakaian dari ide-ide kreatif yang ada sehingga dari pembuatan gaya berpakaian tersebut terciptalah suatu trend yang menjadi populer di kalangan masyarakat.

Industri memiliki peran penting dalam dunia fashion dan keduanya memiliki ikatan yang erat. Industri menciptakan barang yang bernilai tinggi dan fashion juga menciptakan gaya berpakaian baru. Hadirnya industri kreatif yang menghasilkan baju, celana, tas, dan segala macam produk berpakaian. Produk-produk tersebut dapat dijadikan sebuah gaya berpakaian dengan ide-ide kreatif yang ada dan dari ide kreatif tersebutlah lahir sebuah gaya berpakaian yang menjadi unik di kalangan masyarakat yang dapat menjadi sebuah trend baru. Ide-ide kreatif mengenai gaya berpakaian juga dapat diciptakan terlebih dahulu setelah itu baru diproduksi.

Industri fashion akan terus berkembang seiring dengan perkembangan industri dan fashion-nya itu sendiri. Industri fashion sangat fleksibel karena pada waktu atau musim tertentu memiliki karakteristik tertentu juga sehingga sangat bergantung dengan trend yang terjadi pada waktu atau musim di saat itu. Industri fashion menciptakan banyak peluang untuk orang-orang menuangkan ide-ide kreatif mereka dengan cara berpakaiannya mereka. Perkembangan teknologi khususnya dalam bidang industri akan membuka peluang lebih besar dalam berkreasi di bidang fashion. Oleh karena itu, kita harus terus berinovasi agar dapat mengembangkan dunia perindustrian, dunia fashion, dan pastinya dunia industri fashion sehingga dunia kita penuh warna dengan ide-ide kreatif dalam berindustri fashion.

Sumber:

Pasha, A. C. (2020, November 2). Industri Adalah kegiatan manufaktur, Ini Pengertian Menurut Para Ahli dan jenisnya. Industri adalah Kegiatan Manufaktur, Ini Pengertian Menurut Para Ahli dan Jenisnya. Retrieved January 17, 2022, from https://www.liputan6.com/bisnis/read/3872902/industri-adalah-kegiatan-manufaktur-ini-pengertian-menurut-para-ahli-dan-jenisnya 

Gunawan, D. A. F., Tanry, D., Liling, F. O., & Tampubolon, R. G. (2020, December 22). Fashion Yang Mempunyai potensi Besar Dalam industri kreatif. KOMPASIANA. Retrieved January 17, 2022, from https://www.kompasiana.com/raymondgivenchetampubolon/5fe164bfd541df54580ffde4/fashion-yang-mempunyai-potensi-besar-dalam-industri-kreatif?page=1&page_images=1

Kenneth Giovanno Sunjoto