Latihan Dasar Keterampilan dan Manajemen Organisasi (LKMO) 2024: “Awareness in Action: Adapting to Tomorrow’s Challenges”

Latihan Dasar Keterampilan dan Manajemen Organisasi (LKMO) merupakan kegiatan yang diadakan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HIMTRI) setiap tahunnya dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman para calon HIMTRI aktif dan calon aktivis HIMTRI dalam menjalankan kehidupan berorganisasi, mulai dari merancang suatu program kerja hingga membudayakan sikap yang diperlukan dalam menciptakan suatu lingkungan organisasi yang solid dan harmonis. LKMO 2024 mengangkat tema “Awareness in Action: Adapting to Tomorrow’s Challenges” yang memfokuskan sikap awareness sebagai calon anggota HIMTRI yang baru dalam menghadapi tantangan yang ada ketika sudah resmi menjadi bagian dari HIMTRI. Pengangkatan tema tersebut didasarkan atas urgensi nilai awareness dalam kehidupan berorganisasi, sebab tanpa kesadaran etis dalam membentuk suasana berorganisasi yang sehat dan berintegritas, akan sulit untuk menentukan keputusan dan memposisikan diri sebagai bagian dari HIMTRI. Selain itu, penulis menilai bahwa nilai awareness ini cenderung masih sulit dijumpai dalam lingkungan berorganisasi, sehingga hal ini menjadi concern penulis. 

Latihan Dasar Ketermapilan dan Manajemen Organisasi (LKMO) ini dilaksanakan secara onsite untuk peserta dari B27 Teknik Industri BINUS Kemanggisan dan online untuk peserta dari B27 Teknik Industri BINUS Semarang. Terdiri dari day 1 yang dilaksanakan pada tanggal 16 Februari 2024 di BINUS Kijang Function Hall. Terdapat 2 pembicara sebagai narasumber di day pertama ini. Pembicara pertama mengangkat topik “Self-Adaptation to Face New Challenges” dan pembicara kedua mengangkat topik “Awareness of Action in College Life”. Pada day 2, acara diisi dengan kegiatan games yang menarik dan pembagian serta pengesahan pakaian dinas lapangan (PDL) sebagai simbolisasi dari peresmian HIMTRI aktif. Day 2 ini diselenggarakan pada tanggal 18 Februari 2024. Selanjutnya adalah kegiatan online yang diselenggarakan untuk peserta B27 Teknik Industri BINUS Semarang pada tanggal 16 Maret 2024. 

Kegiatan LKMO ini berhasil dijalankan dengan total peserta berjumlah 63 orang angkatan BINUSIAN 2027, 60 peserta berasal dari Teknik Industri BINUS Kemanggisan dan 3 orang berasal dari Teknik Industri BINUS Semarang.