SEMINAR DAN WORKSHOP DEVELOPMENT “Speaking with Poise: Discovering Your Voice and Overcoming Stage Fright” 2023

 

SEMINAR DAN WORKSHOP DEVELOPMENTSpeaking with Poise: Discovering Your Voice and Overcoming Stage Fright” 2023

Seminar dan Workshop Development merupakan program kerja dari divisi Pengembangan Kompetensi dan Kaderisasi yang memiliki tujuan untuk mewadahi anggota HIMTRI BINUS University dalam mengembangkan soft skill sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia HIMTRI BINUS University. Seminar dan Workshop Development 2023 mengusung tema “Speaking with Poise: Discovering Your Voice and Overcoming Stage Fright” yang berfokus pada peningkatan kemampuan public speaking. Kegiatan Seminar dan Workshop Public Speaking dilakukan dengan meninjau hasil survei mengenai pelatihan yang diminati mahasiswa/i BINUS University jurusan Teknik Industri. Kemudian, dengan mempertimbangkan urgensi penguasaan keterampilan berbicara di depan umum (public speaking) yang sangat krusial pada era globalisasi dengan perkembangan yang sangat pesat, maka panitia selaku penyelenggara kegiatan Seminar dan Workshop Public Speaking merasa perlu melaksanakan kegiatan tersebut sebagai upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut secara agar peserta dapat berbicara di depan umum secara tenang dan tidak mengalami demam panggung.

Seminar dan Workhsop Development ini diadakan secara onsite yang dilaksanakan pada hari Jumat, 6 Oktober 2023. Materi dari Seminar dan Workshop ini terbagi menjadi dua sesi, dimana terdapat dua pembicara yang memaparkan materi. Sesi pertama dilakukan menggunakan konsep seminar dengan tema “Speaking with Poise: Discovering Your Voice and Overcoming Stage Fright” yang memeparkan mengenai bagaimana konsep dasar berkomunikasi, tujuan dari public speaking, dan juga cara mengatasi rasa takut saat berbicara di depan panggung. Dilanjutkan dengan sesi kedua dengan tema “Be A Confident Public Speaker” yang membahas mengenai cara percaya diri, rahasia agar mencapai percaya diri, dan mempraktikkan secara langsung bagaimana tampil di depan panggung

Seminar dan Workshop Development telah berhasil direalisasikan dengan pencapaian peserta yang berjumlah 114 mahasiswa jurusan Teknik Industri BINUS University. Hasil formulir evaluasi menunjukkan bahwa mayoritas peserta Seminar dan Workshop Development merasa puas dengan keberlangsungan acara Seminar dan Workshop Development secara keseluruhan, khususnya pada sesi penyampaian materi dan workshop yang dibawakan oleh pembicara-pembicara yang kredibel, kompeten dan relevan terhadap topik yang diusung pada Seminar dan Workshop Development 2023.