Dampak Positif Industri 4.0 Bagi E-Commerce

(Sumber: https://www.shutterstock.com/image-vector/industry-40-banner-productions-icon-set-1100869034)

Industry 4.0 merupakan suatu upaya atau revolusi untuk menuju perbaikan dengan melibatkan dunia online yang mencakup penggabungan teknologi digital, fisik, dan biologis dimana semua proses yang berjalan dengan internet sebagai penopang utama sehingga menciptakan sistem produksi yang efisien, terhubung, dan cerdas. E-Commerce merupakan suatu proses transaksi dalam berbisnis dengan menggunakan teknologi elektronik yang menghubungkan perusahaan dengan konsumen.

Era Industri 4.0 ini memiliki banyak dampak positif bagi dunia E-Commerce. Berikut dampak positif Industri 4.0 bagi E-Commerce:

  • Mudah Mengakses Informasi dan Berkomunikasi

Pada zaman yang modern ini, kemajuan teknologi seperti TV, HP, dan sebagainya sangat memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi serta memudahkan masyarakat dalam membeli barang tanpa harus datang langsung ke toko yang dituju.

  • Peningkatan Efisiensi Operasional

Dalam meningkatkan efisiensi pengelolaan stok, pengemasan, serta pengiriman dapat menggunakan otomasi dalam gudang. Hal ini dapat mengurangi kesalahan manusia atau human error dalam proses yang dilakukan.

  • Peningkatan Keamanan Transaksi

Peningkatan teknologi yang semakin canggih dapat membantu mengurangi risiko keamanan dalam transaksi jual-beli yang berlangsung.

Berdasarkan beberapa contoh diatas, dapat dilihat bahwa Industri 4.0 memiliki peran yang sangat penting bagi perkembangan serta keberlangsungan E-Commerce di Indonesia. Industri 4.0 sangat memberikan potensi yang besar bagi E-Commerce dalam mengembangkan serta meningkatkan pelayanan terhadap konsumen dan proses produksi yang dilakukan. Namun, perlu diingat bagi pengelola E-Commerce bahwa diperlukan sikap yang bijaksana dalam mengatasi permasalahan serta tantangan baru yang bermunculan.

Sumber:

1. Binus University School of Accounting. (2020). Dampak Positif dan Negatif Revolusi Industri 4.0 Dalam Perekonomian dan Bisnis. BINUS University. https://accounting.binus.ac.id/2020/07/14/dampak-positif-dan-negatif-revolusi-indutri-4-0-dalam-perekonomian-dan-bisnis/

2. Daon001. (2019). Apa itu Industri 4.0 dan bagaimana Indonesia menyongsongnya. Kominfo. https://www.kominfo.go.id/content/detail/16505/apa-itu-industri-40-dan-bagaimana-indonesia-menyongsongnya/0/sorotan_media 

Anastasia Florence Siahaan