Strategi Pengelolaan Rantai Pasok di Era Pandemi

(Sumber: https://proxsisgroup.com/pq/10-strategi-meningkatkan-pengelolaan-rantai-pasokan-supply-chain-management/ )

 

Dalam aktivitas produksi dan distribusi, istilah supply chain mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Supply chain adalah sebuah jaringan antara perusahaan dengan pemasok untuk dapat memproduksi dan distribusi hingga sampai ke pembeli terakhir. Dalam proses manajemen supply chain sangat dibutuhkan karena untuk mengoptimalkan produksi barang yang berkualitas dengan meminimalisir biaya lebih rendah dan siklus produksi yang efisien.

Namun, adanya pandemi covid-19 yang terdapat di berbagai negara, menghambat aktivitas supply chain. Banyak pabrik-pabrik yang kehilangan pemasok bahan baku dan bahan jadi untuk pabriknya sehingga utilitas menurun dan produksi terganggu, untuk itu diperlukannya strategi dalam menghadapi gangguan dalam rantai pasokan di masa pandemi yaitu dengan cara fokus meningkatkan nilai tambah (value) dimana perusahaan/pabrik harus fokus pada semua kegiatan yang dapat menghasilkan nilai tambah seperti pemanfaatan jasa e-commerce yang saat ini digemari banyak orang. Menyelaraskan sistem internal dan eksternal (alignment) seperti menjalin relasi yang erat antar klien untuk meningkatkan kualitas kerja sama antar perusahaan, dan yang terakhir adalah sustainability dengan mewujudkan sistem manajemen rantai pasok berkelanjutan yaitu, usaha perusahaan dalam pengelolaan risiko dan mengidentifikasi peluang guna merealisasikan sistem manajemen rantai pasok yang berkelanjutan. 

Adanya pandemi covid-19 memang menghambat semua aktivitas dalam bidang perindustrian, namun hal tersebut dapat menjadi momentum atau sebuah tantangan baru agar perusahaan harus lebih berpikir kreatif, inovatif, strategis, dan meningkatkan kualitas barang agar mendapatkan minat konsumen. Dengan adanya pandemi, sebuah perusahaan juga dapat memperbaiki rantai pasoknya dengan memprioritaskan ketahanan dibanding efisiensi dan membuat back-up plan kedepannya.

 

Sumber:

Nugraha, Daniel. (2020). “3 Solusi Terbaik Untuk Mengatasi Masalah Supply Chain Selama Pandemi”. https://www.paper.id/blog/finansial-umkm/supply-chain-manajemen-adalah/, diakses pada tanggal 11 Desember 2021.

Laoli, Noverius. (2020). “Mengelola Gangguan Rantai Pasok di Masa Covid-19”. https://industri.kontan.co.id/news/mengelola-gangguan-ranti-pasok-di-masa-covid-19, diakses pada tanggal 11 Desember 2021.

Elenna Bernadetta Lysandra