Penerapan AI pada Pendidikan di Indonesia

Sumber : http://himti.budiluhur.ac.id/artificial-intelligence-solusi-pesonalisasi-pendidikan/ 

Artificial Intelligence, Solusi Personalisasi Pendidikan

Tsania Qurrota Aini

2440112014

Pada era globalisasi ini perkembangan pada berbagai bidang kian terlihat, salah satunya pada bidang teknologi. Teknologi yang telah tersedia sekarang selalu di upgrade dan para peneliti professional pun terus berlomba-lomba untuk meningkatkan teknologi yang ada untuk mempermudah aktivitas manusia. Dari berbagai teknologi terbaru yang ada, teknologi AI atau Artificial Intelligence dapat dikatakan paling menarik. Artificial Intelligence adalah kecerdasan buatan manusia yang dapat berperilaku seperti manusia dan memproses sendiri data yang telah di atur dan di program. Teknologi AI ini dapat sangat membantu manusia dalam berbagai bidang, salah satunya pendidikan dan telah di terapkan di sebagian besar kegiatan pendidikan di Indonesia.

Teknologi AI telah ditemukan sejak tahun 1956 oleh John McCharty. Kehadiran teknologi AI ini mendapatkan pertumbuhan yang signifikan seiring tingginya permintaan akan teknologi AI di sektor pendidikan terutama di bidang teknologi, sains, matematika, dan teknik. Menurut marketsandmarkets.com, pada pasar pendidikan global diproyeksikan akan mencapai USD3,68 miliar, dengan CAGR 47%  sepanjang 2018 hingga 2023. Hal ini disebabkan Natural Language Processing (NLP) dibutuhkan untuk membuat program yang dapat membantu “membaca” informasi dalam format digital dan untuk membantu memahami bahasa manusia berdasarkan berbagai dataset. Kemudian program tersebut diprediksi untuk membuat virtual facilitator dan learning environment berbasis AI yang dapat dikembangkan guna untuk kebutuhan siswa untuk belajar secara independen dan belajar di rumah.

Terdapat beberapa contoh penggunaan teknologi Artificial Intelligence dalam bidang pendidikan Indonesia. Pertama, voice assistant dapat melakukan perintah tertentu yang dikatakan oleh pengguna. Voice assistant memiliki kemiripan dengan mentor virtual, namun voice assistant lebih mengendalikan komunikasi verbal dengan penggunanya, contohnya Google Assistant. Kedua, smart content sangat berperan pada AI sebagai pemilah dan pembagi setiap kategori konten yang ada. Pada fitur smart content, AI bahkan dapat meringkas, mengategorikan, memberikan rekomendasi konten yang cocok dengan penggunanya, contohnya Cloud. Ketiga, presentation translator juga sangat berperan secara spesifik pada AI dalam menerjemahkan satu bahasa ke bahasa yang kita inginkan, seperti bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Selain itu, teknologi presentation translator ini telah berkembang karena sekarang AI dapat menerjemahkan kata-kata seseorang ke bahasa ibu pengguna, contohnya Google Translate. 

Keempat, Global courses. Pada fitur ini AI yang di kembangkan sudah bersifat luas karena, pada global courses, pengguna dari berbagai negara dapat belajar pada satu platform virtual yang telah di kendalikan oleh AI yang sudah di program, contohnya Duolingo. Kelima, Automatic assessment. Pada fitur ini AI dapat membantu para guru untuk menyiapkan soal serta jawabannya. AI akan memproses jawaban dari tiap murid dan memeriksa jawabannya, contohnya Quizizz. Keenam, Personalized learning. Pada fitur ini nantinya AI akan menyiapkan rancangan pembelajaran dan jadwal yang paling efektif untuk penggunanya. AI akan menyiapkannya sesuai dengan history belajar yang dilakukan oleh penggunanya. Dengan adanya penerapan AI pada bidang pendidikan dapat dimanfaatkan pada masa pandemi sekarang yang biasanya pembelajaran dilakukan dalam gedung, kini bisa dilakukan secara virtual dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Hal ini juga berguna agar pembelajaran tetap berlanjut tanpa beresiko terpapar dengan Covid-19.

Referensi:

 MADJID, A. (2021, Januari 23). 7 Penerapan Penting Artificial Intelligence dalam Pendidikan. Retrieved from https://blog.kejarcita.id/7-penerapan-penting-artificial-intelligence-dalam-pendidikan/amp/?amp_js_v=a6&amp_gsa=1&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D#aoh=16364706124606&csi=1&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%

Threestayanti, L. (2021, Juni 24). Contoh Penerapan Artificial Intelligence di Sektor Pendidikan. Retrieved from https://infokomputer.grid.id/read/122757073/contoh-penerapan-artificial-intelligence-di-sektor-pendidikan?page=2

Tsania Qurrota Aini