MELANGKAH KE MASA DEPAN : LOGISTIK ELEKTRIK DAN INFRASTRUKTUR PENGISIAN

(Sumber: autonews.com)

Di tengah gelombang perubahan iklim dan kebutuhan layanan logistik yang terus meningkat, industri logistik memiliki tanggung jawab untuk mengadopsi solusi ramah lingkungan. Salah satu cara untuk membuat pengiriman logistik menjadi lebih ramah lingkungan adalah dengan menggunakan kendaraan listrik. Kendaraan listrik di bidang logistik adalah salah satu pilar utama dalam upaya global untuk mengurangi kerusakan lingkungan. Di balik perubahan ini, ada infrastruktur pengisian kendaraan listrik yang terus dikembangkan untuk mendukung transformasi kendaraan logistik. Artikel ini akan membahas kebangkitan armada kendaraan listrik dalam bidang logistik, dengan fokus pada infrastruktur pengisian kendaraan listrik.

Infrastruktur pengisian adalah salah satu faktor penting dalam perkembangan kendaraan listrik di bidang logistik. Kurangnya jumlah fasilitas pengisian dan lokasi pengisian yang sulit dijangkau dapat menghambat perpindahan armada logistik. Pengembangan infrastruktur pengisian yang luas dan mudah diakses sangat diperlukan untuk kemajuan kendaraan listrik. Lokasi dari fasilitas pengisian kendaraan listrik harus berada di tempat yang strategis dan banyak dikunjungi, seperti kawasan industri, area parkir kendaraan logistik, rest area di jalan tol, dan dekat jalan raya. Teknologi pengisian cepat juga perlu diperhatikan untuk efisiensi waktu agar produktivitas kendaraan logistik meningkat. Standarisasi juga wajib dilakukan untuk memastikan kompabilitas dari berbagai merek dan model kendaraan listrik.

Penggunaan kendaraan listrik untuk logistik secara massal dan infrastruktur pengisian yang baik sebagai penunjang tentu akan membawa banyak keuntungan. Pertama, ramah lingkungan. Kehadiran kendaraan listrik tentu akan membuat ekosistem logistik menjadi lebih bersahabat dengan lingkungan dan sejalan dengan upaya global untuk mengurangi kecepatan perubahan iklim. Kedua, mengurangi biaya operasional. Pembelian kendaraan listrik di awal mungkin akan lebih tinggi dibandingkan dengan kendaraan dengan bahan bakar fosil, tetapi dengan konversi energi yang lebih efisien, biaya operasional jangka panjang untuk kendaraan listrik akan lebih rendah. 

Dengan infrastruktur pengisian kendaraan listrik sebagai tulang punggung transformasi logistik, kita memasuki babak baru dalam menjawab panggilan tanggung jawab terhadap lingkungan. Lokasi pengisian yang strategis dan teknologi pengisian yang cepat dapat membuat kendaraan listrik menjadi pilihan yang praktis dan efektif untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik dalam logistik. Manfaatnya tidak hanya untuk lingkungan, tetapi juga untuk ekonomi operasional yang lebih terjangkau. Dengan penggunaan kendaraan listrik dalam logistik dan infrastruktur pengisian yang menunjang, kebutuhan layanan logistik dapat dipenuhi dan bumi tempat tinggal kita tetap terjaga. 

Sumber:

1. Chen, T., Zhang, X. P., Wang, J., Li, J., Wu, C., Hu, M., & Bian, H. (2020). A review on electric vehicle charging infrastructure development in the UK. Journal of Modern Power Systems and Clean Energy8(2), 193-205.

Clara Roselina Mukti