Contoh Penerapan AI Dalam Bidang Pendidikan

Sumber: (https://topcareer.id/read/2019/11/11/12632/manfaat-artificial-intelligence-ai-untuk-kehidupan-manusia/

Elenna Bernadetta Lysandra

2440038950

Memasuki era revolusi industri 4.0, kehidupan manusia kini tidak lepas dengan teknologi. Teknologi menjadi kebutuhan dasar setiap manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari yang mempengaruhi seluruh aspek kehidupan. Era revolusi industri 4.0 ini dikembangkannya teknologi AI. AI (Artificial Intelligence) atau teknologi kecerdasan buatan adalah sebuah sistem yang dimiliki oleh manusia yang dimodelkan di dalam mesin dan diprogram agar bisa berpikir seperti halnya manusia. Perkembangan teknologi AI yang merupakan salah satu pilar revolusi industri 4.0 ini sangat bermanfaat bagi manusia untuk membantu manusia melakukan pekerjaan sehingga lebih efisien. 

Seiring berkembangnya waktu, teknologi AI kini merambah ke dalam dunia pendidikan. Sistem rancangan AI memungkinkan untuk seseorang belajar dengan bantuan education assistant seperti bot. Selain untuk membantu proses belajar siswa, sistem ini juga memiliki sistem adaptive learning yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan menganalisis konsep seperti apa yang tidak dipahami oleh peserta didik sehingga nantinya AI bisa melakukan penyesuaian untuk menemukan cara baru dalam membantu pembelajaran siswa agar siswa dapat belajar sesuai kecepatannya masing-masing. Siswa juga dapat belajar dimanapun dan kapanpun tanpa terbatas ruang dan waktu karena adanya kehadiran aplikasi sekolah berbasis sistem AI. Para guru pun juga dapat merasakan manfaat sistem AI dalam memeriksa tugas atau ujian, yaitu melaui sistem AI akan menganalisis jawaban siswa secara otomatis sehingga guru tidak perlu memeriksa butir dengan menghabiskan banyak waktu dan siswa pun akan mendapatkan hasil ujian tanpa menunggu waktu yang lama

Kehadiran teknologi AI dalam bidang pendidikan sangat bermanfaat bagi siswa dan juga dosen. Teknologi AI juga memudahkan sistem pembelajaran dan berguna bagi siswa agar dapat turut bergerak bersama seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat. Selain itu, penggunaan teknologi AI dalam bidang pendidikan juga lebih efisien, biaya operasional yang rendah, dan mampu merespon permintaan dengan cepat. 

Sumber:

Threestayanti, L. (2020). Contoh Penerapan Artificial Intelligence di Bidang Pendidikan. https://infokomputer.grid.id/read/122226068/contoh-penerapan-artificial-intelligence-di-bidang-pendidikan?page=all, diakses pada tanggal 13 November 2021.

Umrotun, Yulia, E. (2021). Penerapan Artificial Intelligence (AI) Dalam Bidang Pendidikan. https://pasundan.jabarekspres.com/2021/03/12/penerapan-artificial-intelligence-ai-dalam-bidang-pendidikan/, diakses pada tanggal 13 November 2021. 

 

 

Elenna Bernadetta Lysandra