Dampak implementasi Artificial Intelligence dalam Bidang Pendidikan Indonesia

(Sumber: https://elements.envato.com/demonstrating-electronic-robot-to-students-8AZPWU2

Pengajar Bidang Pendidikan dalam Bentuk AI

Eliezer Yeremi Soeprianto

2301849946

Perkembangan teknologi pada umumnya dapat memberikan efek terhadap segala bentuk tatanan kehidupan manusia kedepannya. Pengaruh ini termasuk ke dalam berbagai struktur baik lingkungan, sosial, perekonomian, dan lain sebagainya. Pada bidang pendidikan, pengaruh teknologi yang sedang dialami sekarang adalah adanya artificial intelligence (AI) dalam membantu para pelajar Indonesia untuk dapat belajar selain secara konvensional. Hadirnya teknologi ini tentunya akan berimbas pada masa depan pendidikan Indonesia. Pengaruh yang dibawakan tersebut bergantung terhadap sikap masyarakat dalam beradaptasi terhadap teknologi baru, begitupun seiring berkembangnya zaman.

Pendidikan Indonesia pada umumnya berjalan dalam bentuk belajar-mengajar di kelas tiap sekolah masing-masing pelajar. Kebiasaan ini pun berubah menjadi belajar-mengajar secara online ketika pandemi Covid-19 terjadi dan mempengaruhi dunia pendidikan. Sebelum terjadinya pandemi, AI sudah perlahan masuk ke Indonesia dan berkembang dalam bentuk aplikasi. Aplikasi ini menjadi pendamping belajar kedua setelah pembelajaran di sekolah. Tidak hanya membantu pelajar dalam belajar seperti mencari materi atau membantu dalam latihan, AI juga membantu tenaga pengajar untuk memberikan pendidikan lebih maksimum lagi. Adanya AI juga membuat kekurangan yang dimiliki kegiatan belajar-mengajar konvensional menjadi lebih sedikit karena terdapat sistem yang lebih terintegrasi dan mengurangi adanya kesalahan atau human error. Fitur-fitur yang terdapat pada AI juga banyak mengadopsi dari kelebihan dan kekurangan tenaga pengajar. Di sisi lain, tidak semua proses yang bisa dilakukan tenaga pengajar akan dapat diadopsi oleh AI. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat dikatakan bahwa AI membantu banyak proses pendidikan dengan fungsi utama sebagai mempermudah proses belajar-mengajar yang terjadi antara pengajar dan pelajar. Akan tetapi, hal tersebut perlu diperhatikan bahwa AI tidak bisa menggantikan tenaga pengajar secara penuh karena proses belajar-mengajar tidak hanya sesederhana memberikan materi, tugas, dan contoh latihan. Banyak interaksi kompleks yang terjadi terlebih ilmu yang didapat tidak hanya materi secara textbook namun adanya ilmu penerapan langsung secara nyata serta ilmu mengenai kehidupan lainnya yang tidak dapat ditemukan secara materiil. Penyebaran ilmu pendidikan pun saat ini masih belum merata, jika ditambah dengan masifnya perkembangan AI di kota besar dalam pendidikan, maka akan terjadi ketimpangan derajat pendidikan yang jauh. Sehingga jika disimpulkan, perlu adanya pendidikan yang maju dan merata terlebih dahulu di Indonesia sebelum dilakukannya investasi AI di bidang pendidikan.  

Sumber:

Threestayanti, Liana. (2021, 06 24). Contoh Penerapan Artificial Intelligence di Sektor Pendidikan. Retrieved November 10, 2021, from Infokomputer https://infokomputer.grid.id/read/122757073/contoh-penerapan-artificial-intelligence-di-sektor-pendidikan?page=all

 Wahyudi, K. (2020, 11 05). Artificial Intelligence dalam Pendidikan: Manfaat dan Tantangannya. Retrieved November 10, 2021, from Berca Hardayaperkasa: https://www.berca.co.id/2020/11/05/artificial-intelligence-dalam-pendidikan-manfaat-dan-tantangannya/

 

Eliezer Yeremi Soeprianto