Pertanian Indonesia di Era Industri 4.0

Sumber: (https://fpb.uksw.edu/detail_post/news/mahasiswa-pertanian-pertanian-indonesia-dan-sebuah-tanggung-jawab)

Gleyren Zefanya

2440063845

Pertanian Indonesia

Pernahkah anda mendengar sebutan “Indonesia adalah negara agraris”? Lantas apa maksudnya? “Indonesia adalah negara agraris” berarti bahwa sebagian besar penduduk Indonesia bekerja di bidang pertanian. Itu artinya sektor pertanian memegang peranan penting bagi keberlangsungan bangsa. 

Sektor pertanian berperan penting dalam perkembangan ekonomi bangsa. Perannya dalam perkembangan ekonomi, antara lain:

  1. Penghasil bahan pangan.
  2. Sumber tenaga kerja bagi sektor ekonomi lain.
  3. Salah satu penghasil devisa negara.
  4. Meningkatkan permintaan produk industri.

Melihat peranannya di atas, perlu dilakukan pengembangan pada sektor ini, oleh karena itu, sektor pertanian Indonesia harus bisa beradaptasi pada era Revolusi Industri 4.0.

Penerapan teknologi yang terintegrasi ke internet merupakan salah satu bentuk adaptasinya. Produktivitas kegiatan pertanian tentu akan lebih baik dengan adanya penerapan teknologi tersebut. Contoh teknologi yang dapat diterapkan adalah penggunaan drone untuk pemberian pupuk, peptisida, dan penanaman bibit, penggunaan robot untuk menanam bibit, ataupun penggunaan autonomous traktor. 

Upaya pemerintah dalam melakukan adaptasi di sektor pertanian ditunjukkan melalui beberapa program yang telah berhasil dijalankan. Program tersebut antara lain:

1. Smart Green House

Smart Green House dibuat dengan tujuan agar semua aktivitas yang mempengaruhi tanaman dapat dikontrol melalui tempat ini dengan memanfaatkan artificial intelligence, contohnya adalah memantau dan melakukan pengaturan cahaya dan air guna mendapatkan kualitas tanaman yang terbaik.

2. Smart Irrigation System

Sebuah teknologi untuk mengatur sistem irigasi bawah tanah, contohnya adalah mengatur kelembapan tanah sehingga tanah tidak kering atau gersang.

3. Automatic Tractor

Sebuah teknologi dimana petani dapat mengontrol traktor hanya dengan menggunakan remote sehingga pekerjaan akan jauh lebih cepat dan ringan.

Pertanian merupakan salah satu sektor penting bagi perkembangan ekonomi bangsa sehingga perlu adanya pengembangan dengan melakukan adaptasi terhadap Revolusi Industri 4.0. Penggunaan teknologi yang terintegrasi dengan internet sangat penting untuk diterapka, peranan pemerintah juga sangat dibutuhkan sebagai upaya memajukan sektor pertanian Indonesia. 

 

Sumber:

Ini Tantangan Pertanian di Era Industri 4.0. (2019, 09 24). Retrieved from https://kumparan.com/kementerianpertanian/ini-tantangan-pertanian-di-era-industri-4-0-1rvS7MOq0WM/full 

Kilmanun, J. C., & Astuti, D. W. (n.d.). POTENSI DAN KENDALA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. DI SEKTOR PERTANIAN. Retrieved from http://repository.pertanian.go.id/handle/123456789/9158 

Gleyren Zefanya